Pura di Bali yang Wajib Kamu Datengin, Epik dan Instagramable Banget

Bali ga cuma berisi pantai, sawah, atau gunung. Ga juga Cuma soal distro, café, atau klub malam doang.

Bali juga soal ritual, tradisi, dan warisan agama Hindu di sana. Bali ga bisa lepas dari Hindu, nih. Soalnya, agama ini jadi mayoritas banget di sana. Dan udah ada sejak lama. 

Ada beberapa pura di Bali yang wajib kamu datengin. Soalnya bentuk bangunannya epik. Ditambah lagi sama panoramanya yang oke. Dan pastinya, instagramable banget sih.

Tapi kamu mesti ikuti aturan kalo dateng ke sini. Bisa bahaya kalo asal nyelonong gitu aja. Gimana pun, yang namanya pura itu ya tempat ibadah orang Hindu. Jadi, kamu mesti punya sopan santun dong kalo ke sini.

Ini daftar pura di Bali yang epik dan instagramable banget.

1. Pura Goa lawah

Pura di Bali yang ini juga wajib kamu datengin. Lokasi puranya ada di pinggir laut. Pura ini emang khusus dipakai buat menyembah dewa penjaga laut dan penguasa tenggara.

Uniknya pura ini adalah bangunannya yang ada di mulut gua. Jadi berasa banget kesan mistisnya. Konon, pura ini udah berdiri sejak 10 abad yang lalu. Dan sampai sekarang masiah kejaga tuh bentuk aslinya. Cakep ga tuh?!

Beberapa umat Hindu lagi ibadah di Pura Goa Lawah (kintamani.id)

2. Pura Taman Ayun

Pura di Bali yang wajib kunjung adalah Pura Taman Ayun. Pura Taman Ayun ini termasuk pura yang bagus banget. Karena panoramanya ga kalah sama taman bunga.

Komplek pura ini emang sengaja dibangun dengan kombinasi taman. Jadi biar orang pada betah ibadah di pura ini. Jangan khawatir, pura ini juga bisa dimasukin buat orang non-Hindu. Tapi jaga sopan santun ya. Penting banget soalnya.

Kalau kamu dateng ke sini, jangan lupa bawa kamera ya. Soalnya itu tadi, kamu pasti betah di sini. Cobain deh. Ga rugi dateng ke sini.

Penampakan Pura Taman Ayu. Cakep ga tuh?! (itempatwisata.com)

3. Pura Besakih

Pura Besakih adalah salah satu pura yang populer di Bali. Lokasinya di lereng Gunung Agung. Jadi, kamu bisa dapet panorama pura dan gunung sekaligus nih.

Pura ini adalah pura paling besar di Bali. Makanya, pura ini ini jadi tujuan utama orang Hindu Bali pas ada acara agama. Kamu bisa dateng ke sini pas upacara. Pemandangannnya makin menakjubkan pas begitu. 

Ada beberapa upacara yang bisa kamu datengin. Kayak upacara bulan purnama. Juga ada Festival Odalan. Tapi jangan khawatir kalo ga bisa nikmati upacaranya. Kamu bisa masih bisa nikmati Pura Besakih pas lagi sepi. 

Panorama pura ini bener-bener bikin kameramu kehabisan batere. 

Panorama Pura Besakih. Gokil ga tuh?! (infodenpasar.com)