Dikenal Efektif, Adakah Bahaya Diet OCD untuk Kesehatan?

Walaupun sudah dikenal ampuh menurunkan berat badan, namun hingga saat banyak orang membahas bahaya diet OCD yang dicetuskan oleh Deddy Corbuzier

Beberapa tahun silam Deddy Corbuzier sempat mempopulerkan metode diet bernama Obsessive Corbuzier's Diet atau yang lebih dikenal dengan istilah OCD. Metode ini dipercaya sebagai cara cepat untuk menurunkan berat badan. Tapi banyak orang masih mempertanyakan soal bahaya diet OCD

Metode diet dengan melakukan puasa ekstrem ini juga dipercaya bisa memacu growth hormone atau terlihat awet muda. Banyak orang sudah melakukan dan mengaku mendapat manfaat dari metode diet OCD. Namun, seperti halnya metode diet lainnya, OCD juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

Hormon Tidak Seimbang

Metode diet OCD mengharuskan berpuasa kurang lebih sekitar 14 jam setiap harinya, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya leptin dan meningkatkan kortisol, sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Bagi sebagian wanita, hal tersebut dapat menganggu siklus menstruasi.

Menghambat Pertumbuhan

Bahaya Diet OCD (via Makmal Diagnostik)

Diet OCD juga tidak disarankan bagi anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena hormon yang tidak seimbang bisa mempengaruhi proses pertumbuhan remaja.

Konsentrasi Menurun

Bahaya Diet OCD (via Ibu dan Balita)

Selama melakukan diet OCD, sarapan atau makan di pagi hari merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari. Hal tersebut tentu saja memiliki efek samping negatif bagi tubuh, seperti badan lesu dan menurunnya konsentrasi. Tentu efek negatif itu sangat merugikan jika seseorang dituntut untuk produktif saat bekerja.

Gangguan Pencernaan dan Sulit Tidur

Bahaya Diet OCD (via Alodokter)

Saat kuantitas makanan yang masuk dalam tubuh berkurang, beberapa efek negatif pun akan mudah muncul, seperti asam lambung, sembelit, dan perut kembung. Lebih parahnya lagi, gangguan yang muncul tersebut bisa menganggu jam tidur normal seseorang.

Ya, meskipun bisa menurunkan berat badan dengan cepat, metode diet OCD juga memiliki banyak kekurangan terutama bagi kesehatan. Alangkah lebih baik jika ingin diet konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau para ahli agar terhindar dari bahaya diet OCD.

Bahaya Diet OCD (via Kompas)