8 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship, Segeralah Pergi dan Cari Pengganti

8 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship, Segeralah Pergi dan Cari Pengganti

Dalam menjalin suatu hubungan asmara, siapapun tentu perlu berhati-hati dalam memilih pasangan. Apalagi mengingat maraknya kasus penganiayaan terhadap pasangan sendiri yang sering terjadi belakangan ini.

Untuk mengantisipasi kasus abusive relationship terjadi padamu, kamu perlu memperhatikan tanda-tandanya berikut ini, Ladies!

1. Ruang Gerakmu Dibatasi

Seorang pasangan yang baik tentunya akan selalu mendukung pertumbuhan kita. Namun, jika sebaliknya, pasangan selalu membatasi ruang gerakmu, kamu perlu berhati-hati karena ini bisa jadi pertanda pasanganmu merupakan orang yang over protektif dan abusif.

Mulai dari pakaianmu, pekerjaanmu, pertemananmu, semuanya sangat dibatasi oleh pasanganmu. Alih-alih menuruti perkataannya, sebaiknya kamu mengikuti kata hatimu saja. Sebab, semakin kamu mengikuti batasannya, maka kamu akan sulit berkembang.

2. Kamu Selalu Dibuat Merasa Bersalah

Pasangan yang senang memanipulasi merupakan salah satu ciri abusive relationship. Jika kamu merasa di setiap konflik yang kalian hadapi kamu selalu disalahkan, padahal sebenarnya tidak, segera buat pembelaan untuk diri sendiri. Jangan malah mempercayai omongan pasangan. Karena eh karena, semakin kamu menuruti perkataannya, dia akan semakin merasa tinggi hati dan egois.

3. Mulai Melakukan Kekerasan Fisik

Salah satu ciri abusive relationship yang paling mudah ditandai yaitu adanya kekerasan fisik dalam hubungan. Jika pasanganmu melakukan kekerasan fisik sekecil apapun, segera tinggalkan karena kebiasaannya ini tidak akan hilang. Bahkan sampai kalian menikah.

8 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship (Pinterest)

4. Menentang Prinsip dan Pendirianmu

Setiap orang punya prinsip masing-masing dalam hidupnya, begitu juga dalam hubungan. Pasangan yang tepat akan menghargai prinsipmu dan tidak ada niat untuk merusak itu. Jika pasanganmu tidak bisa menerima dan menghargai prinsipmu, maka segera pertimbangkan kembali kelanjutan hubungan kalian berdua.

5. Senang Mengancam dan Membuatmu Merasa Ketakutan

Memiliki pasangan seharusnya bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan aman. Lalu, bagaimana jika yang terjadi malah sebaliknya? Kamu dibuat ketakutan dan tidak nyaman dengan ancaman-ancamannya. Jika hal ini terjadi padamu, maka hubungan kalian tidak perlu dilanjutkan karena hanya akan merusak kesehatan mental.

6. Membanting atau Merusak Barang Ketika Bertengkar

Meskipun barang tersebut bukan barangmu, tetap saja pasangan yang membanting barang ketika bertengkar bisa menjadi pertanda pasangan tidak bisa melampiaskan amarahnya dengan tepat. Jika hal ini terjadi padamu, kamu perlu berhati-hati, karena yang awalnya hanya membanting barang saja, bisa-bisa nantinya berlanjut ke kekerasan fisik.

8 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship (Shutterstock)

7. Membuatmu Merasa Rendah dan Tidak Layak

Seorang pasangan yang abusif akan melakukan berbagai cara supaya kamu selalu merasa rendah, lemah, dan tidak berguna. Hal ini supaya kamu tidak bisa pergi darinya sehingga dia bisa sesuka hati membuatmu terus-terusan merasa tidak nyaman dalam hubungan.

8. Menuntutmu Secara Berlebihan

Ciri-ciri abusive relationship lainnya yang perlu kamu ketahui yaitu adanya tuntutan berlebihan dari pasangan ke kamu. Kamu biasanya akan dipaksa untuk memenuhi keinginannya bahkan bisa saja di luar dari kemampuanmu. Jika kamu terus bertahan di hubungan seperti ini, bisa saja lama-lama kamu jadi kehilangan impian dan jati diri sendiri.

Itulah 8 ciri-ciri abusive relationship yang perlu kamu hindari. Ingatlah, jika kamu mulai merasa ketakutan berlebihan dan juga tidak nyaman dengan perlakuan dari pasanganmu, segera berikan pasanganmu peringatan.

Namun jika tidak ada perubahan juga, maka pertimbangkan kembali hubunganmu ini apakah masih layak untuk dilanjutkan atau tidak. Sebab, abusive relationship bukan hanya bisa membuatmu merasa tidak berdaya, namun juga bisa memberikanmu trauma dan mengganggu kesehatan mental.

8 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Terjebak dalam Abusive Relationship (Pinterest)