Menang Lawan Mauritius, Timnas Indonesia Buktikan Keefektifan Strategi Peninggalan Luis Milla

Sepak bola Indonesia mendapat kabar gembira, nih. Timnas menang dalam laga uji coba. Tampaknya, formasi peninggalan Luis Milla mulai efektif, deh. Gimana ya pertandingannya?

Kabar gembira dari sepak bola Indonesia. Dalam laga uji coba yang digelar pada hari Selasa (11/9) di Stadion Wibawa Mukti, timnas Indonesia berhasil menundukkan timnas Mauritius dengan skor 1-0. Gol kemenangan dalam laga tersebut dicetak oleh Even Dimas pada menit ke-89. Cukup mendebarkan dan tipis sekali, ya.

Timnas yang dalam laga tersebut memainkan strategi racikan kombinasi dari pelatih Kurniawan Dwi Yulianto, Danurwindo dan Kurnia Sandi, menjadikan Boaz Solossa dan Stefano Lilipali sebagai ujung tombak serangan. Serangan dari kedua striker tersebut ditopang oleh penampilan apik dari lapangan tengah yang diisi pemain Evan Dimas, Febri Hariyadi dan Irfan Jaya.

Selain itu, untuk barisan belakang, ketiga pelatih tersebut mempercayakannya kepada duet Hansamu Yama dan Fachrudin. Terbukti, duet dari kedua pemain bertahan itu berhasil menahan serang timnas Mauritius yang berhasil meraih lima kemenangan berutur-turut dalam pertandingan sebelumnya.

Jalannya pertandingan sepak bola Indonesia berlangsung sengit. Meskipun laga tersebut adalah uji coba, terlihat betapa niat dan keinginan kedua tim yang bertanding untuk meraih hasil maksimal.

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Mauritius. (instagram @timnasrevolution)

Dari kubu timnas Mauritius, serangan demi serangan berhasil mereka susun dan lancarkan. Dua peluang emas dicetak oleh gelandang Langue Adel dan Noel Gary. Namun beruntung bagi timnas, kegesitan kiper Awan Setho berhasil menyelamatkan gawang dari kedua tendangan tersebut.

Setelah itu, gantian tim Garuda yang menekan pertahanan dari lawan. Diawali oleh pergerakan Febri Hariyadi dalam memawa bola, dirinya mengumpan bola tersebut kepada Lilipaly. Tak lama menguasai bola, Lilipaly langsung memberikannya kepada Evan Dimas yang langsung menerobos dinding pertahanan Mauritius. Namun, malang tak dapat ditolak, tendangan yang diarahkan Evan berhasil ditangkap oleh Kiper Jean-Louis.

Boaz Solossa. (instagram @garudaevolution)

Pertandingan babak pertama pun menjadi ajang saling serang antar kedua tim. Tanpa gol yang tercipta, babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Babak kedua menjadi ajang pembuktikan. Hal ini terlihat dari perombakan formasi yang dilakukan oleh jajaran pelatih Indonesia. Dimulai dengan Riko Simanjuntak yang menggantikan Irfan Jaya, Evan Dimas bersama rekan langsung membuktikan keampuhan formasi baru tersebut dengan kesempatan emas yang mereka cipa pada menit ke-53.

Namun, bermain diserang tak membuat Mauritius lupa akan kemenangan. Mereka pun juga berhasil mengancam gawan tim Merah Putih kala Jeremy melakukan tendang langsung yang berhasil ditepis oleh kiper Indonesia.

Susunan pemain timnas Indonesia. (instagram @timnasrevolution)

Menit ke-89, timnas Indonesia kembali melakukan pergantian pemain. Lilipali ditarik keluar dan digantikan oleh pemain yang membela Arema FC, Dedik Setiawan. Pergantian tersebut terbukti berhasil kala Dedik mengancam gawang Mauritius dan berhasil ditepis. Melihat bola liar, Evan Dimas pun menyambar kesempatan dan berhasil melesakkan bola ke gawang lawan. Skor 0-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil positif ini bisa menjadi kabar baik bagi sepak bola Indonesia. Meski bermain dengan tempo lambat dan tanpa atraksi berlebih, pola permainan timnas Indonesia yang memainkan strategi racikan dari ketiga pelatih mampu membawa timnas meraih kemenangan.

Selain itu, pertandingan kemarin juga semakin mengencangkan hembusan kabar akan kepergian Luis Milla dari kursi kepelatihan timnas Indonesia. Maka, wajar jika netizen pun menyaran 3 nama pelatih (https://paragram.id/olahraga/lagi-move-on-netizen-sarankan-3-nama-ini-untuk-melatih-timnas-indonesia-2589) yang layak untuk menggantikannya. Terlebih, benih-benih formasi yang ditanamkan oleh Milla selama masa kepelatihannya mulai membuahkan hasil berupa permainan aman, lambat, namun tak segan memberikan ancaman secara cepat. 

Indonesia kembali melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan masuk menggantikan Lilipaly pada menit ke-89. Pergantian ini efektif karena bermula dari tendangan Dedik, bola lalu dikuasai oleh Evan Dimas yang mencetak gol ke gawang lawan. Tendangan Evan Dimas mampu menembus gawang Mauritius. Skor pun berubah 1-0 untuk Indonesia dan bertahan hingga laga usai.