Jalan Raya di Negara Ini Berwarna Biru dan Putih Bukan Hitam, Ini Nih Alasannya

Sebuah jalan di luar Indonesia ternyata ada yang tidak berwarna hitam melainkan biru dan putih.

Jalan raya identik dengan warna hitam. Tapi di beberapa negara lain di luar negeri terdapat jalan yang unik. Jalan ini justru berwarna biru dan putih, berbeda dengan warna jalan biasanya. Jalanan itu terdapat di kawasan Qatar dan Amerika Serikat.

Dikutip dari Merdeka, jalan Abdullah Bin Jassim Street di ibu kota Qatar, Doha menjadi salah satu jalan tersibuk. Jalanan yang terkenal ini semakin terkenal setelah pemerintah setempat mengubah warna jalan yang sebelumnya hitam menjadi biru muda sejak tahun 2020 lalu.

Warna biru muda atau biru laut pada warna jalanan dipilih dengan berbagai alasan, salah satunya membuat kawasan tersebut sedikit sejuk. Maklum Qatar yang berada di kawasan timur tengah dikenal sebagai negara yang cukup panas.

Warna biru pada jalan diharapkan bisa menurunkan suhu lapisan aspal sebesar 15-20 derajat celsius. Suhu udara di Qatar saat musim panas bisa mencapai 46 derajat celsius. Salah satu insinyur di Qatar bernama Saad al-Dosari memberikan penjelasan.

"Lapisan aspal hitam memiliki suhu sekitar 20 derajat celsius lebih tinggi daripada suhu udara sekitar. Warna hitam memang mudah menyerap panas,"ujara al-Dosari.

Jalanan Warna Biru di Qatar (Mommyasia)

Bila jalan warna biru di Qatar, di Amerika Serikat yakni Los Angeles juga memiliki jalanan yang unik karena mengecat warna jalan menjadi lebih cerah dengan warna putih. Warna putih bisa menurunkan suhu sekitar 10 derajat celsius. Jalanan itu menggunakan produk jenis cat coating yakni CoolSeal yang terbuar dari emulsi aspal berbasis air.

Warna cerah pada jalan memang bisa turunkan suhu, namun ada efek samping karena suhu jalan yang turun berarti panas dipantulkan kembali dan tinggi kemungkinannya diserap manusia yang melalui jalan tersebut.

Jalan Warna Putih di Amerika Serikat (GRID.ID)