Punya Kulit yang Sensitif? 4 Kandungan Ini Wajib Kamu Hindari Saat Memilih Skincare

Punya Kulit yang Sensitif? 4 Kandungan Ini Wajib Kamu Hindari Saat Memilih Skincare

Yang namanya kulit setiap individu pastinya memiliki kondisi yang berbeda-beda. Nah, kalo kamu merasa jenis kulitmu adalah sensitif, maka kamu harus tahu kandungan apa yang memicu kondisi kulitmu jadi iritasi. Berikut ini adalah 4 kandungan yang wajib kamu hindari saat memilih skincare. Simak baik-baik, ya!

# Chemical Sunscreen

Penggunaan sunscreen sangatlah penting untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV. Jika kulit nggak diproteksi dengan baik, jangan kaget kalo kulit wajahmu jadi gampang kusam, berjerawat atau menimbulkan berbagai masalah yang nggak diinginkan.

Namun, perlu diketahui bahwa pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan chemical sunscreen. Sebab, chemical sunscreen mengandung lebih banyak kandungan kimia dan bahan aktif sehingga bakal mudah memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Sebagai penggantinya, kamu bisa memilih jenis mineral sunscreen, ya. Khususnya buat kamu yang juga rentan terhadap jerawat. Emang sih, menggunakan mineral sunscreen seringkali menimbulkan whitecast di wajah. Tapi kandungannya jauh lebih aman, bahkan bisa dipakai oleh ibu hamil juga, lho.

# Alkohol

Alkohol merupakan salah satu bahan yang paling dihindari untuk pemilik kulit sensitif. Buat yang punya kulit berminyak, alkohol bisa membantu mengurangi minyak yang berlebih. Tapi, ia kurang baik digunakan pada kulit yang sensitif. Yang ada, kondisi kulitmu semakin kering dan iritasi.

Nah, sebaiknya pilihlah kandungan yang menghidrasi dan memperbaiki skin barrier kamu. Seperti Hyaluronic Acid, Ceramide, green tea extract, Centella Asiatica, Niacinamide, chamomile, calendula, azulene, dan oat.

# Essential Oil

Ilustrasi sunscreen (istock.com)

Ini juga termasuk kandungan skincare yang wajib dihindari, ya. Kamu mungkin udah sering menemukan produk skincare yang mengandung essential oil seperti lavender, tea tree, rose, dan lain-lain. Bahkan, banyak juga yang menggunakan pure essential oil untuk mengatasi kondisi kulit tertentu.

Tapi, kamu harus ingat bahwa essential oil nggak boleh dipakai terlalu banyak. Essential oil hanya bisa dipakai dalam dosisi yang sangat sedikit. Karena kalo kebanyakan, kulit bisa jadi kering dan iritasi. Jadi, buat kamu yang kulitnya udah sensitif, sebaiknya hindari kandungan ini ya.

# Parfum atau fragrance

Ilustrasi Essential Oil (femaledaily.co)

Seringkali skincare-skincare di pasaran memilih untuk menggunakan fragrance atau parfum untuk mengurangi aroma yang kurang sedap akibat bahan kimia yang digunakan di dalamnya. Namun, buat yang punya kulit sensitif, skincare yang mengandung fragrance akan berimbas pada kondisi kulit yang merah dan iritasi.

Apalagi kalo kandungan fragrance-nya yang tinggi, wah kulitmu bisa makin bermasalah! Jadi sebaiknya, carilah skincare yang tidak mengandung parfum, ya. Sekarang, udah semakin banyak kok skincare di pasaran yang punya aroma natural sehingga kulitmu bisa tetap sehat dan nggak menimbulkan masalah.

Ilustrasi skincare (orami.com)