Gara-gara Bocorin Soal Film, 3 YouTuber Ini Ditahan Polisi

Gara-gara Bocorin Soal Film, 3 YouTuber Ini Ditahan Polisi

Emang ya, selain menyebalkan, spoiler film di media sosial juga ternyata bisa menjerat kita ke hukum, lho. Parahnya lagi, spoiler film juga bisa berujung dipenjara.

Seperti yang dialami oleh 3 YouTuber yang ditangkap kepolisian Jepang setelah mereka memberi bocoran atau spoiler soal film yang baru saja tayang. Spoiler tersebut mereka jadikan konten di YouTube dengan memberi kesimpulan mengenai akhir film tersebut.

Mereka ditahan polisi dikarenakan telah melanggar hak cipta dengan menggunakan beberapa potongan cuplikan dari film tersebut.

Cuplikan yang dipotong-potong tersebut disatukan sehingga membentuk film pendek yang berdurasi 10 menit dan merangkum segala isi dari film tersebut.

Ilustrasi YouTuber (treecebits.com)

Menurut laporan TechNadu, pihak produsen film serta pemegang hak cipta merasa dirugikan. Sebab, video yang tersebar itu bisa berpengaruh pada jumlah penjualan tiket karena konsumen lebih memilih spoiler dibandingkan menonton filmnya secara penuh.

Penangkapan ini juga didasari oleh adanya amandemen baru tentang hak cipta yang dibuat pada awal tahun 2021.

Ilustrasi YouTuber (treecebits.com)

Tapi, masih belum diketahui jenis hukuman apa yang akan dijatuhkan kepada ketiga YouTuber itu. Ya, nyatanya, pelanggaran hak cipta memang termasuk kasus kejahatan yang serius di Jepang. Bila terbukti bersalah, pelakunya bisa terancam denda dan masuk penjara.

Di samping itu, produsen film juga bisa menuntut kompensasi yang diperoleh dari para YouTuber karena menanyangkan konten spoiler. Dan sampai saat ini, judul film yang dipermasalahkan juga belum dirilis oleh kepolisian.

Ilustrasi spoiler alert (pastemagazine.com)