Viral Ibu Melahirkan di Halaman Rumah Sakit, Cek Fakta Sebenarnya

Seorang ibu diketahui melahirkan di halaman rumah sakit di Yogyakarta. Netizen pun langsung melontarkan tudingan miring karena menganggap pihak RS tidak memberikan pelayanan.

Membludaknya pasien Covid-19 memang membuat banyak rumah sakit kewalahan memberikan pelayanan. Namun baru-baru ini, sebuah video mendadak viral di dunia maya karena memperlihatkan seorang ibu yang terpaksa melahirkan di halaman rumah sakit.

Video yang diketahui diambil di halaman Rumah Sakit Pratama, Yogyakarta pada Senin (12/7) lalu itu menunjukkan seorang ibu yang baru melahirkan dengan didampingi suaminya. Dalam gendongan sang ayah terlihat seorang bayi yang baru saja dilahirkan.

Ibu melahirkan di halaman rumah sakit (via Akurat)

Sontak, video itu menuai berbagai macam kecaman dari netizen yang mengira pihak rumah sakit tak memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan. Hingga akhirnya, pihak Dinas Kesehatan terkait pun angkat bicara dan mengungkapkan kejadian sebenarnya.

Bukan karena tidak mendapatkan pelayanan, namun ibu tersebut datang ke rumah sakit tanpa rujukan. Sementara itu, UGD sedang dalam kondisi padat karena banyaknya pasien. Petugas sebenarnya sedang memproses tindakan untuk sang ibu, namun bayi sudah keburu lahir duluan.

"Ibu itu hamil tiba-tiba datang, tetapi tidak membawa rujukan. Sementara IGD di RS Pratama sedang crowded, saat itu petugas baru menanyai suaminya. Tiba-tiba istrinya melahirkan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani.

Mengetahui hal itu, pihak rumah sakit pun juga telah berupaya memberikan pertolongan. Sang ibu segera dibawa ke dalam untuk mendapatkan perawatan yang semestinya. Beruntung, kondisi ibu dan bayinya selamat. Sayangnya, video yang viral itu sudah terlanjur membawa kabar hoaks.

Ilustrasi ibu melahirkan di halaman rumah sakit (via Kompas)

"Mohon diluruskan kalau ada berita yg tidak benar. Kebetulan (kemarin) ada yang mengambil gambar dan diviralkan," lanjut Emma Rahmi Aryani terkait viralnya ibu yang melahirkan di halaman rumah sakit beberapa waktu lalu.

Ilustrasi ibu melahirkan di halaman rumah sakit (via Okezone)