5 Film Dokumenter Soal Lingkungan Selain 'Seaspiracy' yang Wajib Kamu Tonton

5 Film Dokumenter Soal Lingkungan Selain 'Seaspiracy' yang Wajib Kamu Tonton

Bagi mereka yang gemar menonton film dokumenter, kamu mungkin pernah melihat atau setidaknya mendengar 'Seaspiracy', film Netflix Original yang terkenal soal dampak penangkapan ikan terhadap lingkungan. Film ini diproduksi oleh Kip Anderson (pembuat film di balik Cowspiracy: The Sustainability Secret) dan disutradarai oleh Ali Tabrizi.

Seaspiracy mengungkap kebenaran yang mengkhawatirkan tentang kerusakan lingkungan lautan kita dan kehidupan laut yang disebabkan oleh tindakan manusia. Film ini juga mengungkap praktik industri perikanan global dan kurangnya transparansi di balik penangkapan ikan yang berkelanjutan.

Namun, di luar sana ternyata masih banyak film pembuka mata lainnya yang akan mendorongmu untuk melakukan upaya sadar untuk melindungi planet kita. Nah, selain 'Seaspiracy', berikut ini ada 5 rekomendasi film dokumenter lainnya soal lingkungan yang juga wajib kamu tonton. Apa saja?

1. Before the Flood

Before the Flood mengeksplorasi efek mengkhawatirkan dari perubahan iklim. Disutradarai oleh Fisher Stevens dan diproduksi bekerja sama dengan Leonardo DiCaprio, James Packer, Brett Ratner, Trevor Davidoski dan Jennifer Davisson Killoran. Film ini mendidik pemirsa tentang penyebab di balik naiknya permukaan laut, penggundulan hutan, dan masalah lingkungan lainnya yang dipicu oleh tindakan manusia.

2. A Plastic Ocean

Dampak negatif plastik terhadap lingkungan telah menjadi masalah yang terus berlanjut selama bertahun-tahun. A Plastic Ocean, yang disutradarai oleh jurnalis Australia Craig Leeson, menyelidiki efek merusak dari polusi plastik, terutama pada kehidupan laut.

3. Cowspiracy: The Sustainability Secret

Leonardo DiCaprio dalam film Before the Flood (nytimes.com)

Disutradarai oleh Kip Andersen dan Keegan Kuhn, Cowspiracy: The Sustainability Secret menyentuh dampak peternakan hewan terhadap lingkungan dan menggali jauh ke dalam kebijakan organisasi lingkungan tentang masalah ini. Selain itu, film dokumenter ini menangkap pandangan mendalam tentang pemanasan global, penggunaan air, penggundulan hutan, dan zona mati lautan.

4. The Cove

Film dokumenter pemenang Oscar The Cove bercerita tentang perjalanan mantan pelatih dan aktivis lumba-lumba Ric O'Barry yang merekam praktik berburu lumba-lumba di Taiji, Wakayama, Jepang. Beberapa bagian dari film tersebut didokumentasikan secara rahasia pada tahun 2007 yang menunjukkan jumlah lumba-lumba yang dibunuh dalam perburuan lumba-lumba di Taiji. Menurut dokumenter tersebut, 23.000 lumba-lumba dan porpoise dibunuh di Jepang setiap tahun.

5. The Ivory Game

Infografik dari film 'Cowspiracy' (coe.int)

Dibuat oleh sutradara pemenang penghargaan Richard Ladkani dan sutradara nominasi Academy Award Kief Davidson, The Ivory Game menyingkap jaringan global perdagangan gading yang korup. Duo ini menyamar selama 16 bulan dengan tim yang terdiri dari agen intelijen, aktivis yang menyamar, penjaga garis depan, dan konservasionis yang bekerja sama untuk menyelesaikan praktik tidak etis ini.

Film Dokumenter Netfllix The Ivory Game (stopivory.org)