Tingkatkan Hormon Endorfin Dengan Lakukan 4 Cara Ini!

4 cara meningkatkan hormon endorfin, pereda rasa sakit dan stres

Seperti yang sudah diketahui, endorfin merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk menghilangkan stres dan rasa sakit. Endorfin sendiri secara alami diproduksi oleh kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat. Selain mengurangi rasa sakit, endorfin juga bermanfaat untuk meningkatkan respon imun, mengurangi kecemasan, dan meregulasi nafsu makan. Untuk meningkatkan pelepasan endorfin secara alami, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah

1. Olahraga secara rutin

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa pelepasan endorfin akan meningkat setelah berolahraga. Olahraga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan endorfin, oleh sebab itu, beberapa profesional medis meresepkan olahraga teratur sebagai salah satu cara untuk mengobati depresi atau stres.

2. Makan Makanan Pedas

Beberapa orang mengaku saat menikmati makanan pedas, mereka seperti mendapat dorongan tambahan dari makanan yang dikonsumsinya. Rasa pedas dari cabai, memicu sensasi sakit di mulut yang dapat mendorong pelepasan endorfin.

3. Berjemur

https://www.pexels.com/

Selain sumber vitamin D, sinar matahari ternyata juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan. Diantarnya adalah meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, yang bisa membantu meningkatkan mood, meningkatkan energi, dan membantu kita mendapatkan tidur yang lebih baik. Selain itu, radiasi ultraviolet juga dapat meningkatkan kadar endorfin.

4. Mandi Air Panas

Jika kamu merasa lelah, cobalah mandi dengan air panas. Cara ini dapat membantu tubuhmu menjadi tenang setelah melewati hari yang menegangkan atau melelahkan. Panasnya air juga bisa memicu pelepasan endorfin ke dalam darah, alhasil otot-otot yang tegang bisa menjadi lemas kembali.

https://www.pexels.com/