8 Trik Foto Keren Malam Hari Hanya Menggunakan HP, Hasilnya di Luar Dugaan!

8 Trik Foto Keren Malam Hari Hanya Menggunakan HP, Hasilnya di Luar Dugaan!

Memotret saat malam hari memang lebih rumit dibanding siang hari, cahaya yang minim juga bisa jadi penyebab foto kalian hasilnya kurang oke. Kadang hasil foto saat malam hari sering kehilangan detail dan gambar juga buram.

Namun, meski perkembangan smartphone semakin maju dengan berbagai fitur yang ditambahkan pada kamera, tapi masih banyak orang yang tetap aja kesulitan saat mengabadikan momen malam hari lewat bidikan kamera HP.

Nahh, sekarang kalian nggak perlu bingung lagi karena berikut ada trik atau tips supaya hasil foto malam hari kalian jadi lebih oke hanya pake kamera smartphone!

1. Gunakan Mode Manual karena Mode Otomatis Nggak Cocok untuk Malam Hari

Coba atur ISO dan shutter speed. ISO berguna untuk menentukan tingkat sensitivitas cahaya pada sensor kamera. Ketika memotret di malam hari ISO harus tinggi.

Atur shutter speed sesuai dengan keinginanmu, semakin lama shutter speed semakin terang foto yang akan diperoleh karena intensitas cahaya yang masuk  ke sensor semakin banyak.

2. Manfaatkan Fitur Night Mode

Fitur night mode memang bisa membuat hasil foto kalian jadi lebih bagus karena bisa menaikkan level kecerahan pada foto.

Pastikan kalau pakai fitur ini jangan ada pergerakan pada objek ataupun dari kalian yang motret supaya hasilnya nggak blur dan banyak noise.

3. Gunakan tripod

Mode manual di Hp (rancahpost.com)

Pemakaian tripod saat memotret di malam hari ternyata juga sangat berpengaruh pada hasil foto. Karena malam hari minim cahaya jadi kalian butuh shutter yang lambat agar cahaya yang tertangkap lebih banyak. Nah hal tersebut sangat tergantung pada kestabilan kamera, jadi penggunaan tripod sangat membantu untuk menstabilkan HP kalian.

4.  Gunakan Flash

Jangan menggunakan flash untuk objek yang jaraknya jauh karena hanya akan menimbulkan titik-titik cahaya yang nggak jelas dan mengganggu. Kamu juga bisa gunakan kertas, tisu atau filter lainnya di depan lampu flash supaya hasil foto jadi lebih menarik.

5. Manfaatkan Lighting di Sekitarmu

Malam identik dengan lampu. Ada lampu jalan, lampu taman, lampu gedung dan lampu-lampu lainnya. Cobalah bangkitkan kreativitasmu dan manfaatkan lighting yang ada di sekitarmu untuk membuat foto kalian jadi lebih keren.

6. Hindari Zoom In

Tripod untuk HP (idntimes.com)

Usahakan untuk nggak menggunakan fitur zoom ketika mengambil gambar pakai kamera HP kalian, apalagi di malam hari. hal tersebut bisa menurunkan resolusi foto kalian alias foto kalian menjadi pecah.

7. Manfaatkan Backlighting

Tidak selamanya backlighting membuat foto kalian terlihat jelek. Justru jika kalian bisa memanfaatkannya dengan baik pasti akan menghasilkan foto siluet yang bagus. Cari tempat-tempat yang bisa membuat foto siluet kalian jadi lebih bagus.

8. Aplikasi Tambahan untuk Sentuhan Terakhir

Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian bisa mengeditnya memakai aplikasi edit foto. Dengan menambahkan sedikit kontras atau membuat foto jadi lebih terang.

Saatnya cobain tips di atas untuk hasil foto ciamik ala profesional!

Menggunakan mode zoom in (tekno.kompas.com)