Hati-Hati, Jangan Balas 9 Jenis Email Ini Karena Berbahaya!

ati-Hati, Jangan Balas 9 Jenis Email Ini Karena Berbahaya!

Banyak dari kalian yang pekerjaannya mengedepankan teknologi, tentu kerap melakukan korespondensi melalui email kan? Entah untuk marketing, mengirim tagihan, mengajak kerjasama, berkomunikasi, dan sebagainya.

Email memang salah satu cara termudah untuk berhubungan dengan orang lain. Tidak perlu mikir alamat rumah, gratis, dan langsung sampai dalam hitungan detik.

Itulah teknologi.

Tapi di samping kecanggihannya dan kemudahannya, email juga rawan penipuan dan kejahatan. Jadi kamu juga harus hati-hati.

Nah, di bawah ini ada 9 jenis email yang seharusnya tidak kamu balas karena berbagai macam alasan. Simak ya!

1. Pengumuman dari Bank

Email pengumuman atau permintaan apa pun yang berkaitan dengan bank sebaiknya tidak usah kamu balas demi alasan keamanan. Jika tidak yakin, lebih baik telpon call center bank yang berkaitan.

2. Email Konfirmasi Keamanan

Ketika kamu mendaftar sesuatu, atau membuat akun biasanya kamu akan dapat email konfirmasi keamanan. Ingat, jangan pernah membalas email konfirmasi keamanan yang meminta data pribadi atau password apa pun ya!

3. Email dari Dinas Pajak

Ada banyak email masuk yang mengatasnamakan Dinas Pajak, dan mengatakan bahwa kamu sudah nunggak. Hati-hati, kamu perlu konfirmasi langsung ke dinasnya untuk cek kebenaran ini.

4. Kabar Terinveksi Virus

Virus di sini maksudnya virus yang menyerang software ya. Sebelum percaya bahwa gadgetmu terinveksi virus, lebih baik jalankan dulu program antivirus di gadgetmu.

5. Kabar Hadiah

Contoh email penipuan mengatasnamakan bank (daus1975.wordpress.com)

Meskipun kelihatannya sepele. Tapi buktinya, masih banyak sekali orang yang termakan iming-iming hadiah. Kalau dapat email begini, plis jangan langsung percaya ya ges!

6. Email dari Lembaga Intelijen

Buat kamu yang tak pernah melakukan pelanggaran apa pun, dan tiba-tiba dapat email dari Polri atau FBI mungkin. Jelas email jenis begini ini palsu!  

7. Email dari Seseorang yang Ngaku Teman

Beberapa hacker yang punya kemampuan mumpuni biasanya bisa tahu siapa saja teman dekatmu dan keluargamu. Kalau dipikir-pikir aneh kan, orang dekat kok minta bantuan lewat email? Jadi sudah pasti ini penipuan!

8. Email Tagihan

Email penipuan berkedok hadiah undian (alnero.blogspot.com)

Mengecek apakah email tagihan itu palsu atau asli itu gampang. Selama kamu gak melakukan transaksi atau pembelian online, kamu gak akan dapat email model begini.

9. Akun Kedaluarsa

Nah, email model begini juga harus kamu perhatikan. Jangan asal klik tautan semisal kamu dapat email ini ya. Pasalnya, bisa jadi tautan ini berisi virus yang bisa mencuri datamu.

Semoga informasi ini bermanfaat ya ges. Tetap selalu hati-hati ketika menggunakan fasilitas pesan elektronik apa pun.

Email notifikasi pembayaran (luk.staff.ugm.ac.id)