Kejadian Lucu Saat Atlet Asian Games 2018 'Tertipu' Makanan Indonesia

Makanan Indonesia banyak membuat atlet Asian Games 2018 tertipu. Tentu tertipu di sini adalah kejadian lucu yang membuat perhelatan tersebut semakin semarak.

Perbedaan budaya dan bahasa bisa mendatangkan kejadian lucu. Terutama saat dialami oleh orang asing ketika ia berkunjung di negara tertentu. Nah, pergelaran Asian Games 2018 pun tak luput dari hal ini. Dengan banyaknya atlet dari negara lain yang datang ke Indonesia.

Salah satunya terkait makanan. Kita tahu negara kita Indonesia kaya akan khazanah kuliner. Hal ini tentu tidak dipahami atlet dari negara Asia lainnya. Boro-boro membayangkan seperti apa rasanya, soal nama makanan saja mereka bisa nggak paham.

Salah satu kejadian lucu Asian Games 2018 datang dari kontingen asal Thailand yang 'tertipu' dengan makanan Indonesia. Tapi jangan salah dulu ya, tertipu di sini nggak negatif kok, malah lucu aja jadinya.

Ceritanya, atlet ini lagi kebingungan saat hendak memesan makanan di pusat jajanan dekat Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks GBK Senayan Jakarta. Melihat menu lokal seperti soto betawi, sate kikil, rawon, bihun goreng, pecel lele atau tempe penyet. Ia nampak ragu setelahnya.

Kontingen negara Asia di Asian Games 2018 (presidentpost.id)

Pasalnya ketika nama menu ini ia alih bahasakan dengan mesin penerjemah Google, hasilnya jadi absurd. 

Yakali nasi goreng gila jadi crazy fried rice atau rawon setan menjadi satan's rawon gitu. Wagelaseh sekarang setan pensiun menggoda manusia dan jualan rawon. Untungnya ada relawan yang berada di dekat lokasi untuk menjelaskan maksud dari nama menu makanan yang ada.

Cerita lucu tentang makanan Indonesia yang 'menipu' atlet lain datang dari atlet renang asal Uzbekistan, Aleksey Tarasenko. Ia bersama atlet yang lain sedang mengunjungi Kampung Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Mereka pun disuguhi berbagai macam makanan dan minuman khas Betawi, salah satunya bir pletok.

Apalagi kalau menu makanannya seaneh ini (http://blognyanelti.blogspot.com)

Lucunya, mereka tidak tahu kalau bir pletok bukanlah bir sungguhan yang biasa mereka minum. Alhasil mereka terkejut tak menemukan sensasi alkohol ketika meminumnya. Ada pula yang sampai tersedak ketika minum lantaran rasa yang dinilai aneh. 

"Sangat pedas dan rasanya seperti obat," ucap Aleksey.

Kejadian lucu yang terakhir pasti sudah banyak diketahui oleh kalian yang aktif di jejaring sosial. Beberapa waktu yang lalu beredar foto yang menunjukan salah satu atlet asal Tiongkok membawa santan cair kemasan yang dikira minuman kemasan pada umumnya.

Bir pletok khas Betawi (kabar6.com)

Atlet yang seperti sedang sibuk merapikan barang-barangnya ini terlihat memegang sebuah minuman di tangan kirinya. Bagi kita orang Indonesia pasti paham kalau ini bukanlah minuman, tetapi santan cair instan merek K*ra. 

Kasian pasti atlet ini, bukannya meredakan haus, ia pasti ngerasa air yang kental dan agak gurih-guruh nyoy ya gengs.

Santan dikira minuman kemasan (instagram @guyonandemak)