Sehat Nggak Sih Makan Buah Sama Kulitnya? Simak Daftar dan Manfaatnya

Daftar buah ini sebaiknya justru dimakan sama kulitnya. Karena nutrisi yang dikandung bisa bermanfaat untuk kesehatan. Apa aja sih daftar buah tersebut? Simak deh.

1. Apel

Apel direkomendasikan dimakan bersama kulitnya. Kulit apel mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah penyakit alzheimer. Buat yang ingin pencernaan lancar, lebih baik mengonsumsi apel bersama kulitnya. Karena kulit apel juga mengandung serat dan vitamin buat kesehatan.

Apel california (ncapplefestival.org)

2. Pir

Manfaat buah pir dan kulit-kulitnya adalah sebagai antioksidan. Serat yang tinggi, mineral, vitamin C dan K ada di kulit buah pir. Kulitnya yang nggak merusak rasa buahnya. Jadi nggak ada salahnya memakan bersamaan. Jangan lupa mencucinya dengan bersih ya.

Buah pir (healthbeckkon.com)

3. Plum

Buah plum mengandung asam klorogenat dan vitamin C. Jadi harus dimakan sama kulitnya. Manfaatnya bisa menyokong antioksidan dan menghilangkan masalah pencernaan.

Buah plum (hoemanycalories.com)

4. Sawo

Manfaat buah sawo ini akan lebih maksimal jika dimakan bersama kulitnya. Kulitnya kaya akan kalium, zat besi, folat dan asam pentotenat. Sistem pencernaan bakal berjalan dengan baik dan bisa mengurangi selaput lendir jika kulit sawo ikut dimakan.

Sawo matang (kabar.news)

5. Anggur

Kalo ingin tetap awet muda, coba deh makan anggur bersama kulitnya. Flavanoid yang terkandung dalam kulit anggur bisa membuat kulit wajah tetap kencang. Jadi, sayang kalo dibuang.

Anggur (gurneys.com)

6. Mentimun

Jika sedang mengalami sakit tenggorokan dan bengkak. Coba deh makan mentimun beserta kulitnya. Asam kafeik pada kulitnya bisa menyembuhkannya. Kulit mentimun juga mengandung zat yang bisa merangsang sel darah putih. 

Mentimun (matajurnal.com)

7. Tomat

Sempat bingung tomat adalah buah atau sayur? Tomat merupakan buah yang mengandung karotenoid, potasium, vitamin A, C dan E. Paling sering dimakan atau dikonsumsi tanpa mengupas kulitnya. Itu baik manfaatnya, jadi nggak usah khawatir. Asalkan dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

Tomat (toriavey.com)

8. Mangga

Meskipun enak jika mangga matang dimakan tanpa kulitnya. Tapi perlu diketahui bahwa kulit mangga mengandung senyawa yang bisa membakar lemak. Selain itu kulit mangga bisa mengurangi produksi sel-sel lemak. 

Manfaat tersebut karena kulit mangga mengandung karotenoid, polifenol, omega 3, omega 6 dan asam lemak tak jenuh ganda. Plusnya lagi, kulit mangga bisa memerangi kanker, diabetes dan penyakit jantung. Jadi, enak kayaknya makan mangga muda beserta kulitnya. Iya nggak?

Mangga (deliaonline.com)