Ternyata ini 5 Fungsi Penting Air Liur dalam Rongga Mulut

Air liur yang ada di rongga mulut, ternyata memiliki berbagai fungsi penting

Kamu pasti tahu kan air liur? Banyak orang yang belum mengetahui fungsinya. Padahal saliva atau air liur punya banyak manfaat penting loh, terutama untuk kesehatan gigi, mencegah infeksi mulut dan penyakit gusi. Cairan yang berada di rongga mulut ini dipoduksi oleh kelenjar saliva mayor dan minor di sekeliling rongga mulut. Saliva terdiri dari 98 persen air dan sisanya merupakan komponen lain seperti protein, mineral, elektrolit, dan enzim. Nah, berikut beberapa fungsi saliva atau air liur sebagai  pelindung rongga mulut dari berbagai penyakit.

1. Proteksi

Makanan yang kita konsumsi, belum dapat dipastikan higienis sepenuhnya. Oleh karena itu saliva berfungsi sebagai proteksi karena banyak mengandung komponen antimikroba seperti lisozim, imunoglobulin, histatin dan beberapa komponen protein lainnya.

freepik.com

2. Lubrikasi

Proses pelumasan dalam mulut diperankan oleh komponen saliva yaitu mucin dan air. Mucin adalah protein saliva yang melapisi seluruh bagian gigi dan mulut, sehingga dapat mengurangi gaya gesek saat mengunyah makanan.

3. Buffering

Air liur mengandung ion-ion dan protein yang berfungsi sebagai buffer atau larutan penyangga. Ion dan protein ini dapat menjaga pH mulut tetap normal dengan menetralkan kondisi asam yang merupakan produk metabolisme bakteri.

freepik.com

4. Remineralisasi

Remineralisasi merupakan proses pengembalian mineral ke dalam struktur gigi sebagai komponen anorganik yang membuat gigi menjadi kuat. Saliva dapat membantu proses remineralisasi karena mengandung mineral, seperti kalsium dan fosfat dalam bentuk ion.

5. Taste digestion

Saliva bisa membantu indra perasa untuk mendeteksi berbagai rasa, karena mempermudah proses pemecahan molekul makanan. Komponen enzim pada saliva berfungsi untuk memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi molekul yang lebih kecil.

freepik.com