Waspadai Berbagai Fakta Tentang Insomnia yang Berbahaya bagi Kesehatan!

Inilah berbagai fakta terkait tentang gangguan tidur, insomnia, ternyata bahaya bagi kesehatan

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan tidur atau insomnia? Insomnia merupakan gangguan tidur yang dialami seseorang sehingga membuatnya tidak bisa nyenyak ketika tidur. Seharusnya, manusia membutuhkan tidur kurang lebih 8 jam. Namun sebagian orang tidak cukup tidur karena mengalami insomnia. Jika ini terjadi secara terus menerus akan mempengaruhi aktivitas atau bahkan mental penderitanya. Berikut ini berbagai fakta tentang insomnia yang berbahaya bagi kesehatan.

1. Lebih Banyak Dialami Wanita

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa lebih dari 65% wanita mengalami masalah dengan tidur. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh hormon pada wanita, yaitu hormon esterogen dan progesteron. Kurang tidur bisa membuat penderitanya merasa lemah, gemetar dan kesulitan bernafas.

pexels.com

2. Bisa Disebabkan Karena Jet Lag Sosial

Jet Lag Sosial merupakan istilah untuk kebiasaan mengikuti jadwal tidur pada hari kerja dan akhir pekan yang berbeda dari orang-orang pada umumnya. Biasanya, kasus gangguan tidur seperti ini hanya berlangsung sementara waktu.

3. Obat Tidur Tidak Selalu Menyembuhkan

Meminum obat tidur, mungkin bisa membuat kamu bisa tidur sementara waktu, namun perlu diingat bahwa obat yang kamu minum tidak benar-benar menyembuhkan. Setiap obat-obatan yang diminum pasti memiliki efek samping, salah satu risiko mengonsumsi obat tidur adalah kecanduan bagi penggunanya.

pexels.com

4. Pada Beberapa Kasus, Dapat Menyebabkan Kematian

Fatal familial insomnia adalah penyakit genetik langka yang mencegah seseorang untuk tertidur karena bisa menimbulkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh protein abnormal yang berkembang dari mutasi genetik sehingga mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan hilangnya memori.