Kenapa Ya Ngelupain Mantan Itu Susah? Ini Kata Penelitian

Ada beberapa alasan kenapa mantan itu susah banget dilupain. Kata penelitian sih begini....

Mutusin pacar itu gampang-gampang susah lho. Ada banyak hal yang bikin kita jadi sulit banget mutusin hubungan gitu aja. Move on gitu? Pacaran sebentar aja susah ngelupainnya, gimana yang udah lama ya?

Setelah putus, kalian emang bakal masuk ke dalam fase yang bikin sedih. Itu adalah masa-masa tergalau karena kamu pasti keingetan terus sama si mantan. Dan situasi ini akan memperlambat proses move on kamu.

Orang susah move on itu banyak, kamu ga sendirian. Tapi apa penyebabnya? Ada banyak faktor penyebabnya. Malah udah ada studi tentang susah move on. Dan inilah alasan-alasan kenapa orang susah banget move on.

1. Kesepian

Ga bisa move on itu biasanya disebabkan karena salah satu dari kalian yang pernah menjalani hubungan ngerasa bakal kesepian. 

Erika Ettin dari A Little Nudge menyebut bahwa putus cinta membuat orang terus mikirin hal ini. Akhirnya, salah satu dari kalian bakal terbayang-bayang oleh mantan.

Jangan remehkan kesepian. Soalnya, seseorang bisa merasa sangat rindu sekali akan sosok mantan. Dan kesepian itu nyiksa banget karena kalian udah biasa untuk hidup bersama sebelumnya.

2. Masih kepo

Kepo apa nih? Ya, 'ngepoin' mantan gitu deh di medsosnya. Padahal jelas banget, masih ngepoin mantan tuh bikin kamu susah banget move on dari dia. Meski kalian udah putus, pasti gatel deh tangan kamu untuk KEPO tentang aktivitas mantan, entah dari Twitter, Facebook, atau Instagram-nya.

Kalo masih sering kepo, ya otomatis banget kamu ga bakal bisa ngelupain doi. Jelas kan?

Masih aja kesepian... (introvertdear.com)

3. Keingetan momen indah

Kamu ga akan bisa move on persis ketika kepala kamu keingetan dia. Maksudnya, kamu keingetan saat pernah ngalamin sesuatu yang indah bersama pasangan kamu yang udah bubar itu.

Mungkin timbul perasaan menyesal udah putus. Tapi move on jadi mustahil tuh kalo memori indah bersama doi balik lagi. Bener ga tuh?

4. Emang ga mau ngelupain

Move on pasti susah banget kalo kamunya sendiri ga mau ngelupain doi. Seberapa jahat pun dia sama kamu, kalo kamu emang ga ngosongin ruang di kepala untuk ngelupain dia ya ga bakal bisa.

Kenyataan ini bahkan dijelaskan oleh seorang psikolog Niels Eek. Dia bilang, kalo kita tetep ga mau ngelupain doi, ya kamu bakal keingetan terus sama dia. 

Niels juga bilang, kalo kamu emang bener-bener ngelupain mantan, ya lupain sepenuh hati. Jangan setengah-setengah.

Gimana mau ngelupain kalo masih kepo? (bodywelltherapy.com)

5. Masih banyak utang

Entah kamu atau dia masih punya utang. Apalagi besar banget utangnya. Ga tau de apa, entah uang atau janji tertentu. Ya keadaan yang kayak gini nih bikin kepikiran lagi.

Btw, alasan kelima ini belom pernah diteliti sih. Tapi bayangin aja, janji itu kan utang... jadi jelas kan?

Ya pokoknya itu dulu deh beberapa alasannya. Tetep semangat, hadapi masa lalu kamu dengan senyum dan liat terus ke depan. Kalian masih punya banyak hal yang harus dilakukan loh. 

Move on!

Ya repot kalo kamu ga mau ngelupain dia. (dreambeyonddebt.com)