7 Cara Ampuh Atasi Rambut Berminyak Secara Menyeluruh, Jadi Ringan dan Segar

Rambut berminak bisa diatasi dengan sedikit usaha dan konsistensi kok gengs.

Kulit kepala berminyak adalah ketika kulit menghasilkan sebum minyak yang lebih tinggi. Terutama selama siklus bulanan wanita.

Banyak yang melaporkan korelasi antara tingkat stres dan kecemasan yang tinggi serta munculnya jerawat dan rambut berminyak. Ini karena ketika stres menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak hormon stres kortisol yang menyebabkan peningkatan produksi minyak.

Jika rambut halus dan / atau tipis, kemungkinan besar rambut akan cepat berminyak. Ini karena hanya ada sedikit rambut yang dapat menyerap minyak yang diproduksi oleh kulit kepala. Rambut tipis lurus sangat rentan terhadap hal ini karena minyak yang diproduksi oleh kulit kepala dapat menyebar dan mengalir ke batang rambut dengan sangat mudah.

Faktor lingkungan juga pasti berperan dalam seberapa berminyaknya rambut. Stres, kondisi cuaca yang berbeda-beda, dan olahraga dapat menyebabkan kotoran dan minyak menumpuk dengan sangat cepat.

Tujuh tip untuk memerangi rambut berminyak:

1. Gunakan Shampo Bebas Sulfat Yang Mengandung Asam Salisilat

Gunakan sampo bebas sulfat yang mengandung asam salisilat atau ketokonazol. Membantu menghilangkan penumpukan dan kelebihan minyak yang rambut.

Coba tambahkan satu sendok makan garam ke sampo untuk membersihkan dan mengelupas kulit kepala secara menyeluruh dan juga memiliki sedikit efek pengeringan.

Rambut berminyak (thesun.co.uk)

2. Minum vitamin A dan Vitamin Bermanfaat Lainnya

Vitamin A banyak digunakan dan direkomendasikan oleh ahli kulit untuk menyeimbangkan dan menormalkan produksi minyak. Vitamin bermanfaat lainnya untuk kesehatan rambut secara umum termasuk terutama vitamin B. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan B12 dapat menyebabkan kulit dan kulit kepala terlalu berminyak.

3. Pertimbangkan Cara Menata Rambut

Menerapkan pewarna rambut ke rambut yang cenderung berminyak akan memberikan sedikit efek mengeringkan. Mewarnai rambut juga akan membuat kutikula rambut membengkak sehingga rambut terlihat dan terasa lebih tebal. Jika menyukai warna rambut alami, cobalah mengecatnya dengan warna yang sama.

Perhatikan diet (theconversation.com)

4. Gunakan Shampo Kering

Sampo kering akan menjadi rekan paling tepercaya dalam pertempuran melawan rambut berminyak. Sejauh ini, ini adalah produk paling efektif dalam mencegah minyak tak terkendali ke seluruh rambut.

Pilih sampo bubuk kering tanpa bahan kimia keras dan pastikan untuk mengoleskannya ke akar rambut sebelum waktu tidur. Ini akan mencegah minyak menyebar dan juga memberi Anda volume di akarnya.

5. Ganti Sarung Bantal Setiap Hari

Sarung bantal akan menjadi rumah bagi kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk dengan sangat cepat dari malam hingga malam. Ganti sarung bantal setiap hari untuk menghindari perpindahan kotoran yang tidak diinginkan ini ke rambut.

6. Perhatikan Diet

Dianjurkan untuk menghindari produk susu dan gula untuk memperbaiki tekstur kulit dan membatasi munculnya jerawat. Kulit kepala juga terpengaruh dengan cara yang sama. Produk susu diproses oleh tubuh kita sebagai minyak dan lemak yang dapat memengaruhi produksi sebum ekstra. Diet kaya serat bermanfaat untuk rambut dan kulit berminyak.

7. Gunakan 1 hingga 2 Produk Rambut Saja

Menggunakan terlalu banyak produk pada rambut dalam satu waktu seringkali menjadi penyebab utama penyebab rambut berminyak sebelum waktunya.

Jika menggunakan lebih dari dua produk rambut pada satu waktu, rambut yang cenderung berminyak mungkin mulai menderita karena kelebihan produk. Hal ini bisa membebani rambut (khususnya dengan rambut tipis dan halus) serta menyebabkan penumpukan produk. Coba gunakan hanya satu atau dua produk untuk menghindari hal ini.

Gunakan shampo kering (matrix.com)