Ini Dia Jam Tangan Rp4,7 Miliar Jokowi yang Diserahkan ke KPK, Ternyata dari Raja Salman!

Ini Dia Jam Tangan Rp4,7 Miliar Jokowi yang Diserahkan ke KPK, Ternyata dari Raja Salman!

Kamu tentu sudah tahu bahwa pejabat negara, termasuk presiden dilarang menerima apa pun dari seseorang sebab itu akan dianggap gratifikasi oleh KPK.

Belum lama ini, Presiden Jokowi menyerahkan sejumlah barang gratifikasi pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu barang mewah gratifikasi itu diberikan oleh Raja Salman ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi pada tanggal 15 Mei 2019.

# 12 Item Senilai Rp8,7 Miliar

Plt Juru Bicara KPK mengatakan bahwa Sekretariat Negara telah menyimpan barang-barang gratifikasi pemberian Raja Salman.

"KPK telah menyerahkan 12 item barang gratifikasi senilai Rp 8,7 Miliar kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan pada Selasa, 9 Februari 2021 bertempat di Kantor Kasetpres," ungkap Ipi Maryati.

"Barang-barang tersebut diterima oleh Presiden Jokowi dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dalam kunjungan kerja Presiden ke Arab Saudi pada tanggal 15 Mei 2019."

Gratifikasi yang diserahkan Jokowi ke KPK (ngopibareng.id)

# Jam Tangan Mewah Senilai Rp4,7 Miliar


Saat itu, Raja Salman memberi Jokowi jam tangan mewah Bovet AIEB001 keluaran brand jam tangan high class asal Swish, Bovet. 

Mengutip Watches of Switzerland jam tangan pemberian Raja Salman ini ternyata memiliki harga fantastis. Yaitu USD340,500 atau setara Rp4,7 miliar. 

Kok bisa mahal banget ya? 

Harga semahal itu tentu bukan karena persoalan merek saja ya. Merujuk pada laman resmi situs BOVET, varian Bovet AIEB001 ini dibuat dengan case tipe sistem convertible yang terintergasi penuh.

Tak hanya itu, Arloji Bovet AIEB001 dengan garansi selama lima tahun lamanya ini juga diklaim anti air dan bisa tahan berada dalam kedalaman air hingga 30 meter.

Jokowi saat bertemu dengan Raja Salman (nasional.tempo.co)

# Dibuat dengan Material Emas Merah 18 Karat

Tak tanggung-tanggung. Jam tangan pemberian Raja Salman ini memiliki material emas merah 18 karat yang dibuat dengan diameter 46.00 milimeter dengan tebal 17.20 milimeter.

Di bagian talinya yang berwarna biru sendiri tertulis bahwa strap arloji ini terbuat dari kulit buaya asli. Sementara bagian pengunci pengaitnya (buckle) dan rantainya juga dibuat dari emas merah 18 karat.

Wah gila sih, gratifikasi kalau dari raja Arab tuh gak kaleng-kaleng ya ges. Kalau ditotal bisa buat hidup nyaman sampai seumur idup kayaknya tuh. Kalau hidupnya di Jogja atau di desa maksudnya yah. Kalau hidup di Jakarta mah 8 miliar juga bisa abis setahun. Apalagi kalau dikasih ke artis, seminggu juga abis. heheheehe.

Jam tangan mewah Bovet AIEB001 (cnnindonesia.com)