Siklus Haid Gak Teratur? Yuk Kenali Apa Saja Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobatinya!

Siklus Haid Gak Teratur? Yuk Kenali Apa Saja Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengobatinya!

Haid adalah siklus menstruasi di mana endometrium, yang merupakan lapisan rahim, dilepaskan. Proses ini muncul dalam bentuk pendarahan dari rahim yang dikeluarkan melalui vagina.

Haid sendiri dimulai di masa pubertas, antara usia 10 dan 16 tahun, dan berlanjut hingga menopause, ketika seorang wanita berusia 45 hingga 55 tahun.

Menstruasi tidak teratur, disebut juga oligomenore, dapat terjadi jika ada perubahan metode kontrasepsi, ketidakseimbangan hormon, perubahan hormonal di sekitar masa menopause, dan latihan ketahanan.

# Berbagai Penyebab Jadwal Haid Tak Teratur

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan siklus haid tak teratur. Kebanyakan berhubungan dengan produksi hormon yang memang bertugas mengatur siklus. Yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Berikut ini beberapa penyebab siklus haid tidak teratur yang perlu kamu ketahui:

1. Penurunan atau kenaikan berat badan ekstrem.

2. Masalah kejiwaan seperti stress, anorexia, bulemia, atau gangguan makan lainnya. 

Penurunan dan kenaikan berat badan esktrem bisa menyebabkan haid tidak teratur (lifestyle.kompas.com)

3. Gangguan Tiroid- ini bisa menyebabkan haid tidak teratur. Sebab kelenjar tiroid bertugas menghasilkan hormon yang memengaruhi metabolisme tubuh.

4. Endometriosis- adalah suatu kondisi di mana sel yang biasanya ditemukan di dalam rahim, disebut sel endometrium, tumbuh di luarnya. Dengan kata lain, lapisan dalam rahim ditemukan di luarnya.

5. Kanker Serviks atau Rahim- atau kanker rahim, dalam kasus yang jarang terjadi, menyebabkan perdarahan di antara menstruasi atau selama hubungan seksual.

6. Sindrom ovarium polikistik-  adalah suatu kondisi di mana sejumlah kantung kecil berisi cairan yang dikenal sebagai kista berkembang di ovarium.

7. Latihan fisik ketahanan seperti untuk maraton.

# Pengobatan Alami Siklus Haid Tidak Teratur

Untuk mengatasi siklus haid tidak teratur, kuncinya adalah kamu harus mengubah pola dan gaya hidup dulu ya. Misalnya dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, kamu bisa lho mengurangi risiko siklus haid gak teratur.

Beberapa yang bisa kamu lakukan:

1. Kurangi stress.

2. Ruting berolahraga.

Stress bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur (merdeka.com)

3. Pertahankan berat badan ideal.

4. Ikuti pola diet sehat.

Beberapa pengobatan herbal, seperti kunyit dikatakan dapat membantu. Tetapi belum ada penelitian yang bisa memastikan keefektifannya, dan mungkin memiliki efek samping. 

Jadi, lebih baik berbicara dengan dokter terlebih dahulu ya.

Yuk ladies, mulai sekarang pertahankan gaya hidup sehat dan kelola stress dengan baik. Jika semua itu sudah kamu lakukan, niscaya nanti siklus haidmu bisa kembali normal.

Rutin berolahraga adalah salah satu cara agar hidup sehat (alodokter.com)