Jantung Pisang Ternyata Punya Banyak Vitamin dan Mineral, Bisa Buat Ikan Untuk Vegan

Jantung pisang adalah makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak. Mirip sama buahnya loh gengs.

Mereka yang menjadi vegan, perlu makanan dengan protein tinggi untuk menggantikan daging atau ikan. terutama yang rasanya bisa dibuat semirip mungkin. Menjadikan makanan vegan atau daging vegan menjadi lebih enak buat disantap.

Buah nangka adalah alternatif protein nabati. Selain itu ada bunga pisang, bahan umum dalam masakan Asia Selatan, adalah pengganti ikan nabati utama. Tidak hanya bergizi seperti buah pisang tetapi, rasanya juga mendekati daging beneran gengs.

Buat yang tinggal di desa bisa jadi udah biasa makan bunga pisang atau jantung pisang. Tapi sebagian masyarakat Indonesia belum tahu kalau ada makanan kayak gini. Apalagi dibuat ganti daging.

Bunga pisang alias jantung pisang adalah bunga besar, berwarna magenta, berbentuk tetesan air mata yang tumbuh di ujung tandan pisang.

Setiap bunga memiliki sekumpulan kuntum kuning di sekeliling pangkalnya, jika dibiarkan di pohon, kuntum itu menjadi pisang. Bagian dari kuntum dan kelopak bagian dalam dapat dimakan mentah atau dimasak, kelopak luarnya cukup keras, jadi dianggap tidak bisa dimakan.

Jantung pisang (theguardian.com)

Mengapa Bunga Pisang Adalah Alternatif Ikan Terbaik


Alasan nomor satu karena bergizi. Mirip dengan buahnya yang enak dimakan, bunga pisang adalah sumber vitamin A, C, dan E. Serta mangandung berbagai kineral seperti magnesium dan kalium, menurut sebuah artikel yang diterbitkan di International Journal of Current Research.

Terlebih lagi, jantung pisang kaya akan serat, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan, jelas Allison Gregg, R.D.N., L.D.N., ahli diet dan konsultan nutrisi terdaftar untuk Mom Loves Best.

Jantung pisang juga mengandung "sejumlah besar" antioksidan dan polifenol yang melawan penyakit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology.

Kaya nutrisi (veganmiam.com)

Bunga pisang memiliki rasa alami yang netral, sehingga dapat dengan mudah mengambil rasa dari bahan seperti bubuk kelp atau serpihan nori, yang dapat menambahkan rasa asin yang mirip dengan ikan. Rasanya yang nyaris tidak ada juga merupakan dasar yang sempurna untuk lemon, adas, dan garam. Bahan yang biasanya digunakan dalam resep makanan laut.

Adapun konsistensinya, bunga pisang memiliki tekstur yang berlapis-lapis, lembut, dan berdaging. Saat menggigit bunga yang sudah matang, ia akan sedikit mengelupas dan terlepas. Sensasinya seperti makan ikan gengs.

Jadi ikan vegan (vegnews.com)