Anies Baswedan Jadi Pahlawan Transportasi, Sejajar Dengan Elon Musk Karena Ini

Anies Baswedan ditetapkan jadi pahlawan transportasi karena jasa ini gengs.

Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) membuat daftar 21 Heroes 2021 di bidang transprotasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai salah satu 'pahlawan transportasi'. 

TUMI adalah organisasi inisiatif penerapan global pada mobilitas berkelanjutan. Tujuannya buat mengubah mobilitas untuk kepentingan manusia dan lingkungan. Untuk masa depan yag lebih baik gitu lah gengs.

Anies disejajarkan oleh Elon MuskPendiri SpaceX dan CEO Tesla yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Dari 21 Heroes 2021, Tesla ada di urutan 6 dan Anies di urutan 17.

Urutan pertama ditempati sama Menteri Pemerintah dari Wilayah Ibu Kota Brussels, Belgia, Elke Van den Brandt. Kemudian Sekretaris Transportasi dari Medellín Colombia, Carlos Cadena-Gaitán dan Manajer Transportasi & Mobilitas, Dewan Kota Lviv, Ukraina, Andriy Bilyy.

TUMI menjelaskan alasan Anies dimasukkan jadi Pahlawan Transportasi. Dia dinilaibaik kinerjanya ketika memimpin pembuatan sistem transit di Jakarta. Anies dianggap telah berhasil menyediakan 63 km jalur sepeda sekaligus melakukan integrasi layanan transportasi publik.

Transformative Urban Mobility Initiative (urbannet.info)

"Termasuk layanan bus dan rencana untuk jaringan bersepeda yang besar, yang 63 km di antaranya sudah ada. Kota ini bekerja menuju tujuan bersama untuk menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif untuk semua," demikian pernyataan TUMI dikutip Jumat (5/2/2021).

Anies Baswedan melihat sekilas sistem transportasi Jakarta untuk menciptakan sistem transformatif dan terintegrasi dari berbagai moda transportasi.

TUMI menganggap program ini dilakukan secara serius dengan adanya renovasi stasiun KRL dan terminal bus hingga bisa saling terintegrasi. Hal itu juga mendapat penghargaan dari STA Sustainable Transport Award (STA) dari ITDP 2020.

Anies Baswedan (vio.id)

"Di tengah kabut asap kota, ia melihat peluang peluncuran rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun angkutan umum kota yang terhubung langsung dengan stasiun KA commuter line. Prestasi Jakarta dianugerahi penghargaan STA yang dipimpin ITDP 2020," jelasnya.

"21 Heroes 2021 menghormati mereka yang, meskipun menghadapi tantangan bersejarah, bisa mencapai kesuksesan di bidang transportasi pada tahun 2020 dan meletakkan dasar untuk menjadi lebih sukses dan menginisiasi mobilitas yang berkelanjutan pada tahun 2021. Orang-orang yang disorot dalam publikasi ini kecil, namun kuat," jelas TUMI.

Selamat Pak Anies...

21 Heroes 2021 diterima Anies Baswedan (vio.id)