Klarifikasi Mbak You Jokowi Lengser, Komentar Mbah Mijan Hingga Penjarahan Baru Aja Terjadi, Ramalan Lain Terbukti?

Ramalan Mbak You soal politik dan penjarahan viral. Beneran ada pejarahan loh gengs.

Ramalan mbak You soal lengsernya Presiden Jokowi malah jadi masalah. Dia justru diancam bakalan dipolisikan karena ramalannya.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid meminta pihak kepolisian untuk menangkap peramal Mak You.

"Banyak terawangan yang dipotong dan dikembangbiakkan tanpa kontrol seperti bola panas menggelinding. Jadi ada beberapa akun yang seolah saya berbicara seperti itu. Bicara saya dipotong tanpa bahasa yang jelas," ujarnya dalam video di Channel YouTube Mbak You.

Mbak You kemudian menjelaskan dan merevisi apa yang telah dia katakan.

"Saya garisbawahi di sini jangan dipelintir lagi, saya jelaskan di sini jadi pertama saya ada di televisi 2013 lalu aksen bahasa saya dari lahir seperti ini, saya ngomong cepat, aksennya gantung, dan tidak jelas, tapi saya punya maksud agar semaksimal mungkin yang saya sampaikan mengerti dan memahami tapi berpikir positif," lanjutnya.

Mbak You menjelaskan kalau pergantian presiden bukan tahun 2021, tapi tahun 2024 ketika pemilihan presiden baru.

"Yang saya maksud di tahun mendatang pergantian presiden itu di 2024 akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021 tapi di saat nanti pergantian presiden nanti di 2024 akan ada ganti presiden," terangnya.

Klarisikasi ramalan Mbak You (pikiran-rakyat.com)

"Di 2021 cuma ada politik memanas, perubahan dari reshuffle kabinet. Jadi saya minta tolong jangan dipenggal berita saya hanya untuk cari followers, menjatuhkan saya. Ini untuk ke sekian kali," katanya.

Dilain pihak, Mbak Mijan memberikan komentar soal kasus ini. Dia menjelaskan panjang lebar soal peramal dan keadaan yang sudah berubah. Mbah Mijan merasa melaporkan permala itu berlebihan.

"Hati-hati, peramal berbeda dengan pelaku kriminal, koruptor, teroris, provokator, dan lain-lain. Para Peramal paham etika bernegara dan vision yang disampaikan bersifat abstak/semu. Ghaib itu ada, mistis itu nyata, ini bukan ranah yang boleh asal masuk karena ketersinggungan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mbah Mijan mengatakan bahwa peramal dan ahli nujum di Indonesia memiliki sejarah panjang, bukan suatu profesi yang tiba-tiba ada. "Peramal dan Ahli Nujum di Indonesia bukan profesi/aktivitas yang tiba-tiba ada. Ada sejarah panjang tentang ini, ada situsnya, ada warisan, ada peninggalan yang masih dipercaya. Indonesia, Nusantara, terutama masyarakat Jawa, masih percaya tentang Ramalan Jayabaya," jelasnya.

Mbak You diancam dipolisikan (Twitter @muannas_alaidid)

Mbak Mijan menghimbau kepada masyarakat atau semua peramal buat lebih bijaksana dan taat hukum.

"Namun dengan ini, saya menghimbau, jadilah masyarakat taat hukum, apapun profesinya. Dulu, Mbah Mijan kurang vulgar apa tentang ramalan, bahkan kurang gila apa tentang vision, kematian saja diramal. Sekarang, kondisinya berbeda, kita harus taat aturan yang berlaku. The End!"

Selain situasi politik yang memanas, Mbak You juga meramalkan akan ada penjarahan. Karena bencana yang terjadi, baru aja terjadi aksi penjarahan oleh warga.

Polisi memperketat pengamanan di perbatasan Kabupaten Majene yang masuk ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Karena tersebar video viral penjarahan mobil relawan dari Kota Makassar.

"Donatur atau warga yang ingin mengirimkan bantuan, agar meminta pengawalan di polres yang dilintasi sebelum masuk di Majene dan Mamuju," kata AKBP Syamsu Ridwan saat dikonfirmasi di Kota Makasar, Sulsel, Minggu (17/1/2021).

Perampasan dan penjarahan bantuan logistik untuk korban gempa ini terjadi karena masyarakat khawatir gak dapet bantuan. Kalau ramalan Mbak You hanya bersifat umum, ya bener donk ada penjarahan. Kan gak dijelaskan detail pejarahannya kapan, di mana dan dengan alasan apa.

Masyarakat yang terlalu takut dan khawatir dengan nasib mereka bisa menjadi gelap mata.

Gimana menurut kalian gengs?

Komentar Mbah Mijan (Twitter Mbah Mijan)