Pengen Kulit Cantik Awet Muda? Pertahankan Kolagen Tubuh dengan Makanan Ini

Kulit yang sehat dan awet muda salah satunya bergantung pada kolagen. Menjaga kulit tetap bisa beregenerasi dengan baik.

Kecantikan kulit sangat penting bagi seorang wanita. Kulit sehat, glowing dan awet muda ingin didapatkan dengan beragam cara. Ada yang pakai perawatan dan skincare mahal. Ada yang lebih suka cara alami.

Produk kolagen baik yang jadi skincare atau diminum semakin terkenal. Jumlah kolagen bakalan berkurang seiring dengan waktu. Kamu bisa kok gengs mempertahankan kolagen tubuh dengan konsumsi makanan berikut ini.

Dikutip dari beragam sumber, makanan ini bisa jadi sumber kolagen alami buta tubuh.

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan kulit untuk mebentuk lapisan lemak. Lapisan lemak ini melindungi kulit dan menjadikannya tetap sehat. Makan tuna dan salmon membantu tubuhmu mendapatkan omega 3.

2. Protein

Protein adalah zat yang sangat penting untuk proses regenerasi kulit. Juga merupakan bahan baku membuat kolagen. Dibutuhkan 19 asam amino untuk membentuk kolagen. Jadi makan protein tiap harinya ya gengs.

Kulit cantik konsumsi makanan berkolagen (lofficielusa.com)

3. Sayuran

Sayuran berwarna merah dan hijau tua bagus buat kesehatan kulit. Sayuran merah seperti tomat matang, bit, dan paprika mengandung lycopene. Membantu melindungi tubuh dari kerusakan karena sinar matahari. Jadi tabir surya alami buat menjaga dan meningkatkan kadar kolagen.

4. Makanan mengandung vit C

Makanan kaya akan kandungan vitamin C memiliki kemampuan untuk membantu asam amino dikonversi menjadi kolagen. Vit C juga menjadi antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas. Menjadikan kulit kenyal dan cerah juga gengs.

Ikan dan daging (countryliving.com)

5. Makanan fermentasi

Makanan dan minuman fermentasi lagi hits buat menjaga daya tahan tubuh. Tapi ternyata manfaatnya bukan cuma itu, tapi juga buat kesehatan kulit gengs. Karena mengandung Lactobacillus atau sejenis bakteri probiotik yang menghasilkan superoksida dismutase.

Superoksida dismutase adalah antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan kolagen dengan mengurangi produksi radikal bebas. Semangat minum yoghurt, kombucha, tempe dan lainnya yaaaa.

Selain makanan beberapa tips untuk merawat kulit dan kolagen yang bisa kamu lakukan adalah banyak minum air putih, mandi air dingin aja dan olahraga ya gengs.

Sauran dan buah (npr.org)