Sedang Naik Daun, Tapi Selain Bikin Sehat Ternyata Chia Seed Juga Punya Efek Samping Buat Ibu Hamil Loh

Sedang Naik Daun, Tapi Selain Bikin Sehat Ternyata Chia Seed Juga Punya Efek Samping Buat Ibu Hamil Loh

Tahukah kamu jika ada banyak manfaat chia seed untuk ibu hamil? Nggak cuma bisa mencegah rasa lapar berlebih aja nih, chia seed juga dipercaya mampu menjaga kestabilan gula darah dan menambah stamina.

Chia seed sendiri merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. 

Namun sekarang ini, chia seed sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar. Dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit.

Chia seed hampir mirip dengan biji selasih.

Tapi, perlu kamu ketahui juga ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan kalau mengonsumsinya secara berlebihan. 

Emang sih ya, segala sesuatu yang berlebiha itu nggak baik dari segi apapun.

Nah, artikel ini bakalan bahas efek samping dari konsumsi chia seed secara berlebihan yang perlu diwaspadai.

Chia Seed (Pinterest)

Berikut adalah berbagai efek samping yang bisa muncul.

1. Diare

Mengonsumsi terlalu banyak serat dari makanan seperti chia seed dapat menyebabkan diare dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Batasi konsumsi chia seed sebanyak 1-2 sendok makan saja dalam satu hari untuk mencegah efek samping yang bisa mengganggu pencernaan.

2. Mengganggu kerja obat

Ada baiknya kamu berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi chia seed. Sebab, biji ini dipercaya dapat mengganggu kinerja obat gula darah.

3. Berisiko membuat tersedak

Dalam beberapa kasus, chia seed dapat menyebabkan tersedak karena sifatnya yang dapat membesar dan menyerap banyak air. Untuk menghindari efek samping ini, kamu disarankan untuk mencampurkan chia seed ke dalam air atau jus buah.

4. Reaksi alergi

Meski jarang terjadi, ada kemungkinan kecil chia seed dapat menyebabkan alergi. Reaksi alergi, seperti kesemutan dan gatal, bisa terjadi pada lidah dan bibir. Kamu pun bisa mengalami sakit perut saat terjadi reaksi alergi.

Chia Seed (Pinterest)

Jika kamu mengalami berbagai efek samping di atas setelah mengonsumsi chia seed, segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter ya .

Chia Seed (Klik Dokter)