Lelaki Ini Gak Pernah Keramas Rambut Gimbalnya Selama 40 tahun karena "Berkah Ilahi"

Lelaki ini gak pernah keramas rambut gimbalnya selama 40 tahun karena "berkah ilahi".

Rambut adalah mahkota setiap orang. Makanya banyak orang yang berusaha merawatnya sebaik mungkin agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatan rambutnya.

Banyak kok cara simpel yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut kita. Yang paling simpel sih dengan rutin keramas aja dulu deh. Kalo mau pake vitamin dan perawatan rambut lain yang mahal harganya itu keputusan kamu deh.

Tapi soal keramas, ada lho orang yang gak pernah keramas nyaris di sepanjang hidupnya. Dia adalah seorang lelaki asal India bernama Sakal Dev Tuddu.

Lelaki berusia 64 tahun ini diketahui gak pernah keramas selama lebih dari 40 tahun! Dia juga gak pernah memotong atau sekadar menata rambutnya deh. Sama sekali!

Daily Mail menulis bahwa rambut lelaki India ini juga panjang banget. Panjangnya mencapai 6 kaki atau 1,8 meter loh. Kebayang gak sih kalo gak pernah ditata tuh gimana jadinya?

Yap, rambut lelaki ini ternyata rambut gimbal. Tapi gak model dreadlock kecil gitu. Rambut gimbalnya satu dan gede banget. Hampir dua meteran pula panjangnya.

Sakal Dev mengaku bahwa rambutnya perlahan saling terkait. Setiap helainya menyatu hingga akhirnya jadi gimbal dengan alami. Tapi dia gak pernah risih lho sama rambut gimbalnya itu. 

Dia justru bangga karena rambut gimbal itu dia sebut sebagai "berkah ilahi".

Sakal Dev Tuddu (dailymail.co.uk)

Rambut gimbalnya adalah 'berkah ilahi' (dailymail.co.uk)

Sakal Dev Tuddu adalah seorang lelaki asal distrik Munger di Negara Bagian Bihar, India. Setiap hari, Pak Sakal ini melipat-lipat rambutnya. Malah rambutnya itu jadi kayak turban yang dipasang di kepala.

Berdasarkan pengakuannya, Sakal mengatakan bahwa hal ini terjadi pada suatu malam sekitar 40 tahun yang lalu. Rambutnya tiba-tiba bisa menjadi satu dengan sendirinya. Istilah rambut gimbal ini adalah 'jatta'.

Hal inilah yang dia anggap sebagai berkah ilahi. Katanya, Dewa datang mengunjunginya dalam mimpi. Dewa itu berkata kepadanya untuk tidak memotong rambutnya. Sakal Dev Tuddu pun langsung memenuhi perintah Tuhan itu.

Demi mengabdi pada dewa, Sakal Dev Tuddu juga berhenti minum minuman keras dan merokok. Dia kemudian menjadi seorang sadhu, atau orang suci dalam tradisi Hindu.

Dia biasa melipat-lipat rambut gimbal panjangnya itu (dailymail.co.uk)

Sakal adalah seorang sadhu, atau orang suci dalam Hindu (dailymail.co.uk)

Kadang-kadang, Sakal Dev 'menata' rambut gimbalnya itu sih. Caranya adalah dengan mengikat lipatan rambut gimbal besarnya itu dengan kain putih. Hal ini dia lakukan untuk menjaganya agar tetap bersih.

Karena panjang rambut gimbalnya bener-bener panjang, kalo Pak Sakal gak mengikatnya maka rambut itu akan jatuh dan terseret ke tanah.

Meski begitu, tetangga dan orang-orang di sekelilingnya menjulukinya sebagai 'Mahatma Ji'. Sebutan itu merupakan bentuk penghormatan kepadanya atas penampilannya itu. Dia adalah orang suci dan dihormati karena sikapnya yang rendah hati.

Orang suci ini juga dikenal sebagai seorang tabib tradisional. Dia biasa menyiapkan perawatan buatan sendiri untuk pasangan yang belum dikaruniai anak.

Sakal Dev Tuddu juga sering didatangi banyak orang untuk bertemu. Orang-orang itu gak jarang mengambil fotonya. Sakal Dev Tuddu sendiri tetap rendah hati dan bisa menyapa mereka dengan humor yang baik.

Rambut gimbalnya sepanjang 1,8 meter gengs (dailymail.co.uk)

Sakal Dev Tuddu sebenernya juga orang biasa. Dulunya, Pak Sakal ini pernah bekerja untuk Departemen Kehutanan India selama 31 tahun. Dia pun tinggal bersama istrinya, Rupiya Devi. 

Sakal Dev Tuddu juga punya tiga putra, tiga putri, dan tujuh cucu.

Sakal sendiri mengatakan kalo istri dan keluarganya gak pernah mempermasalahkan rambut gimbalnya yang kusut itu. Bahkan gak pernah dikeramas lebih dari 40 tahun. Yang pasti hidupnya tetap bersahaja gengs.

Itulah sekilas kisah tentang Sakal Dev Tuddu, lelaki India yang gak pernah keramas hingga lebih dari 40 tahun. Orang ini bahkan mengatakan bahwa rambut gimbalnya adalah 'berkah ilahi'.

Gak pernah keramas sampe lebih dari 40 tahun! (dailymail.co.uk)