Sering Mencium Bau Hantu? Bisa Jadi Kamu Terkena Gejala Phantosmia Loh! Kenali Ciri-Cirinya~

Sering merasakan bau kembang atau busuk di luar sana? Bisa jadi kamu....

Pernah gak sih saat bepergian kemana gitu tiba-tiba tuh ya ada suatu bau samar-samar seperti bau wangi melati di sekitarmu? Padahal gak ada tanaman atau bunga itu disekitarmu....

Kalau kata orang itu artinya... Ya ada hantu yang sedang di dekat kamu, atau sedang mengikutimu.

Jelas hal itu pasti bikin bulu kuduk kita berdiri banget ya, secara gitu ada bau hantu disekitar kita, hiiii....

Gejala Phantosmia namanya


Tapi, semua itu bisa dijelaskan secara logis loh sebenarnya, dan itu bisa dikenal dengan gejala Phantosmia gengs.

Kalau di negara kita, phantosmia sering dikaitkan dengan segala hal yang berbau mistis. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih meyakini bahwa kondisi tersebut bisa jadi pertanda adanya makhluk gaib di dekat Anda. 

Misalnya: bau melati artinya ada kuntilanak atau hantu-hantu perempuan yang sedang mendekati, atau bau singkong bakar pertanda adanya genderuwo di sekitar Anda. Hiii~

Bikin merinding emang,  Tapi, sekali lagi, ini bisa ditelaah dari sisi ilmiah loh gengs. Gimana caranya? Yuk kita kepoin....

Gejala Phantosmia (IDNTimes.com)

Gini Gejala Phantosmia itu

Seperti yang dilansir dari Klikdokter.com, gejala pada phantosmia, biasanya pengidapnya bakal bisa membaui bau yang sebenarnya tidak ada. 

Tapi ya cuma si penderitanya aja yang bisa menciumnya, orang lain gak gengs. Bebauan yang muncul ini bervariasi antara satu orang dengan lainnya, bisa beraroma busuk atau malah menyenangkan.

Kalau biasanya sih pengidap phantosmia melaporkan mencium aroma telur busuk, parfum yang tidak enak, sampah, gas bocor, bahkan kotoran. 

Ada juga orang-orang yang kesulitan mengidentifikasi bau yang muncul, atau bau tersebut tidak familiar untuk mereka. Hal ini bisa menyusahkan si pengidap dan mungkin membuat aktivitas terganggu. Serta dapat memengaruhi indra perasa, sehingga mengurangi nafsu makan dan menyusutkan berat badan.

Parahnya, beberapa pengidap dapat mengalami gangguan psikiatrik, seperti depresi dan keinginan bunuh diri akibat kondisi phantosmia yang mereka alami.

“Kira-kira setengah dari pasien saya pernah ingin bunuh diri. Mereka putus asa karena semua makanan menjadi berbau seperti daging busuk bahkan lebih buruk lagi,” kata Dr. Donald Leopold dari University of Nebraska Medical Center, Seperti yang dilansir dari NBC News.

Kadang-kadang juga pengidapnya berpikir bahwa bau itu berasal dari diri mereka sendiri sehingga mereka akan sering mencuci tangan dan tak ingin keluar rumah. Mulanya memang phantosmia, yang akhirnya kemudian berkembang menjadi paranoia.

Phantosmia umumnya disebabkan oleh infeksi seperti demam, flu, dan sinusitis. Ada juga penyebab lainnya yang tidak terlalu umum, antara lain polip hidung, migrain, epilepsi, depresi, cedera kepala, dan tumor otak.

Terkait pengembangannya, phantosmia bisa terjadi secara bertahap selama beberapa hari, bahkan hingga beberapa tahun. Sensasi phantosmia pada awalnya dapat bertahan beberapa menit tetapi mungkin secara bertahap meningkat menjadi berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun. Jika disebabkan oleh infeksi sinus, biasanya akan sembuh sendiri sih gengs.

Bau Hantu (Correcto.id)

Cara mendiagnosa kalau kita terkena phantosmia


Untuk mendiagnosis phantosmia,biasanya nih ya... para dokter pertama-tama bakalan melakukan pemeriksaan fisik kepala dan leher seseorang. 

Mereka mungkin bakalan nanyain tentang gejala lain yang dialami dan melakukan tes untuk memeriksa fungsi indra lainnya.

Nantinya, Dokter bakalan melakukan endoskopi atau rinoskopi untuk melihat ke dalam rongga hidung dan memeriksa masalah yang menyebabkan phantosmia tersebut. Mereka juga mungkin meminta tes spesifik dan komprehensif atau merujuk pasien pada spesialis.

Tes pencitraan, termasuk CT scan, scan MRI, dan scan EEG, terkadang digunakan untuk memeriksa kelainan pada rongga hidung, otak, atau sistem saraf. Hal ini mengingat permasalahan phantosmia tak hanya berkutat di hidung dan otak saja, tapi bisa merembet ke alat indra lain.

Penyakit ini ga bahaya-bahaya amat sih, Tapi...

Untuk mengenali gejala phantosmia dengan membaca informasi yang telah dijelaskan. Phantosmia biasanya sih gak  menimbulkan kekhawatiran dan sering kali hilang dengan sendirinya gengs. Syukur deh~

Tapi perlu dicatat, Kalian harus waspada karena kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Segera periksakan ke dokter kalau kamumerasa memiliki phantosmia sehingga bisa diketahui penyebab di baliknya gengs. Semoga bermanfaat~

phantosmia (Klikdokter.com)