Kira-kira Berapa Umur Kita Kalau Berada di Planet-Planet Ini Ya?

Siapa sangka usiamu bisa berubah tua atau malah muda banget kalau berada di tempat ini gengs, kok bisa?

Usia itu emang misteri, siapa tau ujung dari usia kita mau sampai kana? Semua hanyalah Tuhan yang tahu.

Tapi ngomongin soal usia nih ya, umur kita bisa aja bertambah atau berkurang berapa ya jika seandainya kita berada di tempat-tempat berikut ini…

Eh apakah umur bisa berkurang atau bertambah? Ya bisa dong~

Kalau saja patokan umur manusia yakni 0-1 tahun adalah masa hidup yang dilewatinya selama kurang lebih 365 hari atau satu 1 kali revolusi bumi yang dinamakan 1 tahun maka, umur tentu bisa berkurang dan bertambah andai kita tidak ditempat yang patokan 1 tahun adalah 365 hari.

Seperti yang dilansir dari akun Kaskus Rukminiirawan, kita akan coba cari tau berapa umur kita jika kita mampu berada di luar bumi atau di planet-planet tetangga di tata surya.

Sebelum lanjut, maka patokannya adalah 1 tahun di bumi = 365 HARI (lama revolusi bumi)

Kemudian ambil sampel, emm misalnya presiden AS terpilih ke 46 yakni Joe Biden. Ia lahir di Pennsylvania, 20 November 1942 atau sekarang ia berumur 78 tahun gengs.

Joe Biden (CNBC.com)

Umur Joe Biden di Merkurius


Merkurius adalah planet urutan pertama di tata surya jika patokannya adalah jarak terdekat dengan si bintang induk Matahari. Jaraknya ke matahari hanya sekitar 57,9 juta km, jarak yang sangat dekat tersebut membuat planet ini sangat mematikan dan nyaris tidak mungkin dihuni oleh manusia karena saking panasnya.

Karena jaraknya yang sedemikian dekatnya dengan matahari, maka untuk 1 kali revolusi ia hanya butuh waktu 88 hari saja untuk satu putaran sempurna, wow!

Oke, sekarang Biden adalah warga bumi dengan umur 78 tahun, jika seandainya Biden adalah warga planet Merkurius yang 1 tahun di sana hanya 88 hari, maka usianya sudah  320 tahun!

Sebab perbandingannya, bumi baru menyelesaikan 1 putaran revolusi penuh sedangkan merkurius sudah 4 kali lebih dikit berevolusi.

Merkurius (IDN Times.com)

Umur Joe Biden di Venus


Venus merupakan planet kedua di tata surya, senada dengan sifat planet merkurius, venus adalah planet mematikan yang tidak mungkin dapat menjadi hunian manusia, walaupun planet ini mempunyai permukaan bebatuan. Diketahui venus menjadi planet dengan jumlah gunung berapi terbanyak di tata surya. Meskipun venus planet kedua terdekat dengan matahari, namun ia bahkan lebih panas dari permukaan merkurius!

Lama revolusi venus tidak jauh berbeda dengan bumi, yakni sekitar 225 hari.

Oke, sekarang Biden adalah warga bumi dengan umur 78 tahun, jika seandainya Biden adalah warga planet venus yang 1 tahun di sana 225 hari, maka usianya sudah 124 tahun!

Sebab perbandingannya, 1 tahun di bumi setara dengan 1,6 tahun di venus.

Venus (Kompas.com)

Umur Joe Biden di Mars

Jika dilihat menggunakan teleskop, maka mars berwarna kemerah-merahan. Warna merah tua yang mendominasi ini tampak dari keberadaan besi di permukaannya.  Selain bumi, merkurius dan venus, mars pun juga adalah planet bebatuan yang memiliki kawah, gunung, lembah dan gurun, hanya saja atmosfernya yang tipis.

Jika gunung tertinggi dibumi adalah Mount everest (8.848 m ), maka mars punya gunung Olympus yang merupakan gunung tertinggi se-tata surya (tingginya 16 mil atauu sekitar 25 km/ 3 kali tinggi gunung Everest).

Jarak mars ke matahari adalah 228 juta km, angka tersebut membuat mars harus menunggu 686 hari untuk sekali revolusi. 

Oke, sekarang Biden adalah warga bumi dengan umur 78 tahun, jika seandainya Biden adalah warga planet mars yang 1 tahun di sana adalah 686 hari, maka usianya lebih muda menjadi 43,3  tahun saja!

Bersambung ke part 2 ya gengs....

Baca Juga: Kira-kira Berapa Umur Kita Kalau Berada di Planet-Planet Ini Ya? Part 2

Mars (Gatra.com)