Viral! Menguap Terlalu Lebar, Seorang Pria Alami Dislokasi Rahang

viral! menguap terlalu lebar, seorang pria alami dislokasi rahang

Seorang pria di Makassar mengalami dislokasi rahang gara-gara menguap terlalu lebar, Gengs.

Ia pun mengalami dislokasi sendi rahang. Akibatnya, pria tersebut kesusahan untuk menutup mulutnya. Kasus tersebut diunggah oleh dokter ortopedi, Helmiyadi Kuswardhana, M.Kes, Sp.OT melalui akun Instagramnya @dr.helmiyadi_hk.

"Ada pasien laki-laki usia 45 tahun masuk dengan keluhan tidak bisa menutup mulutnya karena dia menguap terlalu lebar," tulis dokter Helmiyadi di akun Instagramnya, Minggu (29/11/2020).

Dokter Helmiyadi menyatakan bahwa dislokasi pada rahang bisa terjadi karena kelamahan otot, ligamen dan kapsul di daerah TMJ (temporo-mandibular joint). Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, Gengs.

"Bisa karena, riwayat trauma (kecelakaan lalu-lintas, kecelakaan olahraga, ditinju, riwayat dislokasi sebelumnya)," jelas dokter Helmiyadi.

Dokter Helmiyadi juga menambahkan kalo kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh over aktivitas. Seperti menguap terlalu lebar, tertawa terlalu kencang, menggigit makanan yang berukuran lebih besar dari mulut, menggigit makanan yang keras, muntah hebat, dan penyakit bawaan (epilepsi).

pria yang alami dislokasi rahang (Hops.ID)

Nah, kalau terjadi peristiwa serupa, dokter Helmiyadi menyarankan agar segera mendatangi Unit Gawat Darurat (UGD).

"Lebih cepat lebih baik, karena kalau kelamaan ototnya bisa bengkak dan harus dikerjakan di kamar operasi untuk dibius dan diberi obat relaksasi otot," kata dokter Helmiyadi.

"Kalau tambah lama menjadi kronik bahkan harus dioperasi untuk mengembalikannya," lanjut dokter yang sering berbagi informasi kesehatan tulang dan sendi di channel YouTube "dr.Helmiyadi SpOT".

Selain itu, dokter Helmi menyarankan agar makan dan tertawa sewajarnya saja. Ini demi menghindari terjadi dislokasi sendi rahang.

dokter Helmiyadi, ahli ortopedi (Youtube.com)

Sampai saat ini, postingan tersebut sudah disukai oleh lebih dari 9.943 pengguna. Beragam komentar warganet muncul terkait peristiwa tersebut. 

“Demi apa pernah begini aku dong, kasusnya karena nguap lebar dan langsung bunyi getruk gitu di rahang. Dan setelah itu aku ga bisa menganga lebar kalau mau makan atau minum. Ga enak bgt karena sakit:( kejadian ada sekitar seminggu aku begitu sampe satu hari rahang aku normal lagi karena tidur salah posisi, dan setelah itu aku jadiin pelajar buat engga nguap lebar dan ketawa bahak bahak. Dapet hikmah pelajaran. Dan liat ini jadi ngingetin lagi buat bisa bisa inget hal itu. Terima kasih dok,” tulis akun @abdullahsmith.

hati-hati saat menguap, jangan terlalu lebar (KlikDokter.com)