Gimana Nasib Pemerintahan DKI Jakarta Setelah Gubernur dan Wakilnya Isolasi Mandiri karena Positif Covid-19?

Gimana nasib pemerintahan DKI Jakarta setelah gubernur dan wakilnya isolasi mandiri karena positif Covid-19?

Gunernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa dirinya positi Covid-19. Kabar ini dia umumkan lewat media sosialnya.

Sementara sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga positif Covid-19. Kedua pemimpin DKI Jakarta itu kemudian lakukan isolasi mandiri.

Meski isolasi mandiri, Anies memastikan roda pemerintahan tetap berjalan dan tak akan terganggu. Emang gimana cara keduanya menjalankan roda pemerintahan?

Anies Baswedan mengatakan, begitu dia positif Covid-19, dia memilih isolasi mandiri di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta di Menteng, Jakarta Pusat. Anies akan sendirian di rumah dinas itu. Sementara keluarganya akan tetap tinggal di rumah pribadinya.

Selama isolasi, Anies memastikan tetap bekerja. Anies akan memantau pemerintahan secara daring atau online.

“Saya bekerja secara virtual di rumah dinas, pimpin rapat secara virtual dan memang sejak Maret kita terbiasa bekerja virtual dan saya pastikan tak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan proses pemerintahan,” ujarnya.

Oleh karena Gubernur dan Wakil Gubernur positif Covid-19, maka unit kantor Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan ditutup dari akses publik. Meski begitu, gedung utama Balai Kota DKI Jakarta akan tetap dibuka untuk melayani masyarakat dan menjalani proses pemerintahan.

“Sesuai protokol dan aturan yang ditetapkan, unit kantor gubernur akan ditutup sebagaimana unit kantor wagub juga sudah ditutup," kata Anies Baswedan.

Unit kantor gubernur dan wagub ini terpisah dari gedung utama balai kota di mana staf bekerja, itu tetap beroperasi dengan protokol kesehatan, supaya proses pemerintahan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Anies Baswedan mengumumkan positif Covid-19 pada Selasa, 1 Desember 2020 di media sosial dan akun YouTube-nya. Meski positif virus corona, kondisi kesehatanya baik-baik saja.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga positif Covid-19 (tribunnews.com)

“Saya memilih umumkan pada kesempatan pertama pada hari ini. Sebagimana saya sampaikan apa adanya transparan, sejak Maret dalam penanganan Covid-19 diberikan secara lengkap, kebijakannya juga. Begitu juga menyangkut situasi yang saya hadapi ini,” ujar Anies.

Untuk itu, Anies meminta semua orang yang terlibat kontak erat dengannya dalam beberapa hari terakhir agar segera menjalani tes usap atau swab test.

"Bagi siapapun yang bertemu saya, hari ini langsung ke Puskesmas dan tim tracing akan menghubungi kontak erat dengan siapa saja," tutupnya.