5 Negara Ini Ternyata Pakai Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Loh, Gengs!

5 Negara Ini Ternyata Pakai Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Loh, Gengs!

Nilai mata uang rupiah yang kadang dianggap sebelah mata oleh dunia bahkan oleh warga Indonesia itu sendiri ternyata punya potensi yang luar biasa. Meskipun sempat melemah akibat pandemi yang terjadi, namun rupiah sedikit demi sedikit mulai bangkit kembali. Ini membawa harapan jika nantinya rupiah bisa stabil seperti sedia kala.

Bukti potensi rupiah sejatinya bisa dilihat secara nyata. Misalnya, beberapa negara di dunia ternyata memakai rupiah sebagai alat jual beli yang sah. Jadi tanpa perlu menukar rupiah dengan mata uang asing, kamu sudah bisa berbelaja secara langsung. Wow, keren ya! Negara mana aja sih yang pakai rupiah sebagai alat pembayaran yang sah? Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Di Arab, Mata Uang Rupiah Diunggulkan


Bagi yang melakukan perjalanan ke tanah suci pastinya tidak asing dengan hal ini. Mereka tentu tidak akan melewatkan momen berbelanja oleh-oleh khas negara yang kaya akan minyak itu.

Lebih kerennya, rupiah ternyata bisa digunakan sebagai alat transaksi jual beli di sana lho, gengs. Hal ini disebabkan karena hubungan yang sangat erat dari kedua negara. Setiap tahun Indonesia tak pernah absen mengirimkan jamaah haji ke sana. Oleh sebab itu, pedagang di Arab bahkan tidak hanya menerima pembayaran dengan rupiah namun juga bisa dengan lancar berbahasa Indonesia. 

Ilustrasi Pasar di Arab Saudi (InpasOnline.com)

2. Bahasa Indonesia Lagi Populer, di Thailand Bisa Bayar Pakai Rupiah


Negeri "Khab Khun Khab" ini rupanya juga tidak mau ketinggalan memakai rupiah sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini berhubungan dengan banyaknya turis Indonesia yang melancong ke sana. Oleh sebab itu para pedagang di sana memudahkan para turis yang berasal dari Indonesia tanpa perlu menukar uang mereka dengan Baht. Apalagi ditambah fakta kalau bahasa Indonesia sekarang juga mulai populer, banyak orang Thailand yang mempelajarinya, tentu membuat kita makin bangga. Wah jadi pingin mampir ke sana ya.

Ilustrasi Pasar Thailand (www.befreetour.com)

3. Tetangga Dekat Kita, Timor Lesta juga Masih Pakai Pembayaran Rupiah


Meskipun sudah lama lepas dari wilayah Indonesia, tetapi Timor Leste masih tetap memakai rupiah sebagai alat pembayaran loh, gengs. 

Meskipun rupiah bukan jadi mata uang resmi, namun masih bisa dipakai di kehidupan sehari-hari. Hal ini berhubungan dengan dekatnya lokasi negara tersebut dengan Indonesia apalagi masih satu pulau, jadi wajar kalau hal tersebut bisa terjadi. 

Perlu diketahui juga kalau di Timur Leste tidak hanya rupiah saja yang berlaku. Dollar Amerika juga merupakan uang yang bisa dipakai tanpa perlu menukarkannya menjadi Centavo Coins alias pembayaran jenis lain di sana. 

Orang Timor Leste (ghd.georgetown.edu)

4. Saudara Serumpun juga Ramah pada Rupiah


Karena letaknya yang bertetangga dengan Indonesia, ternyata Malaysia juga lumayan ramah dengan mata uang rupiah. Meskipun tidak bisa dipakai di semua wilayahnya, namun toko oleh-oleh di perbatasan rupanya masih membolehkan pengunjung menggunakan mata uang Indonesia sebagai alat jual beli. 

Tidak terbatas pada toko kecil bahkan sampai tingkatan mall sekalipun ada yang bisa memakai rupiah. Jadi, tidak perlu khawatir saat kita kehabisan ringgit ya.

Ilustrasi Pasar Malaysia (akulity)

5. Rupiah Masih Bisa dipakai Di Perbatasan Papua Nugini


Tetangga di ujung paling Timur, Papua Nugini ternyata juga menggunakan mata uang kita sebagai alat pembayaran loh. Bank sentral dari kedua negara telah sepakat untuk menunjuk rupiah dan kina sebagai mata uang yang sah di perbatasan Papua dan Papua Nugini. 

Hal ini disebabkan oleh hubungan antara dua daerah di perbatasan itu yang saling membutuhkan. Repot ya, kalau harus tukar mata uang setiap hari.

Ilustrasi Pasar di Papua Nugini (Info Publik)