Bukan Jebolan Pondok Pesantren, Berikut Ini Rekam Jejak Pendidikan dan Karier Habib Rizieq

Begini perjalanan pendidikan dan karier Habib Rizieq hingga jadi Imam Besar FPI.

Habib Rizieq kembali memenuhi berita dunia maya. Setelah sekitar 3 tahun tinggal di Arab Saudi, dia bakalan pulang ke kediamannya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Terbang dari bandara kota Jeddah dengan pesawat Saudia dengan nomor penerbangan SV 816. Tiba Selasa 10 November 2020 di Indonesia dan langsung menuju rumahnya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penasaran gak sih gengs soal fakta kehidupan Habib yang punya banyak penggemar dan pengikut ini? Berikut ini fakta-fakta soal beliau.

Habib Rizieq kelahiran Jakarta, 24 Agustus 1965. Kedua orang tuanya bernama Hussein Shihab dan Sidah Alatas. Habib Rizieq sudah kehilangan ayahnya sejak berusia 11 bulan. Beliau yatim sejak usia yang sangat belia.

Beliau mendapatkan bimbingan agama langsung dari ibunda dan ustadz di masjid tempat mengaji. Habib Rizieq memang lebih memilih sekolah di tempat biasa bukan pondok pesantren.

Habib Rizieq meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi Islam di Arab Saudi. Mengambil Jurusan Studi Agama Islam (Fikh dan Ushul Fikh), King Saud University, Riyadh, Arab Saudi. Dia juga sempat meneruskan ke Universitas Islam Internasional Antar Bangsa, Malaysia. Tapi tidak selesai.

Habib Rizieq pulang ke Indonesia (beritamedia.id)

Dia juga mulai aktif mengaji dan agama di berbagai majelis ta'lim dan aktif di organisasi Jami'at Kheir. Organisasi Islam untuk kalangan Arab di Indonesia.

Setelah aktif di organisasi ini Habib Rizieq mendapatkan banyak amanah. Habib Riziek diangkat jadi Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Jamiat Kheir, Jakarta. Jadi anggota Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Tangerang, Pembina sejumlah majelis talim Jabotabek, dan Presiden Direktur Markaz Syariah.

Setelah cukup lama malang melintang di organisasi keislaman, akhirnya beliau mendirikan Front Pembela Islam (FPI). Organisasi ini untuk pertama kalinya dicetuskan di kediamannya Petamburan, Jakarta dan dideklarasikan di Pondok Pesantren Al-Umm, Ciputat, Tangerang pada tanggal 17 Agustus 1998.

Udah yatim sejak bayi (wartapilihan.com)

Sejak didirikan FPI, nama Habib Rizieq dikenal luas sebagai pendiri, ketua umum sekaligus imam besar. Berikut ini rekam jejak pendidikan dan karier Habib Rizieq

PENDIDIKAN

SDN 1 Petamburan, Jakarta (1975)

SMP 40 Pejompongan, Jakarta

SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta (1979)

SMAN 4, Gambir, Jakarta

SMA Islamic Village, Tangerang (1982)

S1 Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul) King Saud University, Riyadh, Arab Saudi (1990)

S2 Studi Islam, Universitas Antar-Bangsa, Malaysia

KARIER

Kepsek Madrasah Aliyah Jamiat Kheir, Jakarta

Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Tangerang

Pembina sejumlah Majelis Talim Jabotabek

Presiden Direktur Markaz Syariah

Pendiri Front Pembela Islam (FPI)

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI)

Mendirikan FPI (oposisi.com)