5 Penemu Indonesia yang Diakui Dunia Tapi Kurang Dilirik di Negeri Sendiri

5 penemu Indonesia yang diakui dunia tapi kurang dilirik di negeri sendiri.

Banyak orang Indonesia menganggap teknologi dari luar negeri jauh lebih baik ketimbang dari dalam negeri. Dalam beberapa hal mungkin ada benarnya. Tapi, teknologi buatan anak bangsa gak kalah hebat kok.

Hal ini bisa dibuktikan dari lima penemu asal Indonesia. Mereka adalah orang-orang jenius dari berbagai bidang untuk memajukan bangsanya sendiri. Penemuan-penemuannya pun diakui dunia.

Sayangnya, beberapa penemu atau inovator anak bangsa ini kurang diakui di negeri sendiri. Inilah 5 penemu Indonesia yang diakui dunia tapi kurang dilirik di negeri sendiri.

#1 Dr. Khoirul Anwar


Penemu Indonesia ini mungkin kurang begitu dikenal secara luas di Indonesia. Dia adalah pria yang telah menciptakan teknologi broadband, cikal bakal lahirnya mobile 4G LTE.

Kemampuannya yang luar biasa ini jelas diakui dunia. Dia juga dipercaya sebagai salah satu peneliti terbaik di Jepang. Namun sayangnya, Dr. Khoirul Anwar tak begitu dibutuhkan di Indonesia. Padahal penemuannya penting banget buat dunia.

Dr. Khoirul Anwar, penemu teknologi broadband (aktual.com)

#2 Warsito P. Taruno


Warsito adalah seorang inovator berbakat. Dia adalah seorang anak bangsa yang berhasil menemukan mesin untuk membunuh sel kanker.

Teknologinya itu berbasis energi rendah yang dipadukan dengan teknologi terapi kanker.

Menurut hasilyang telah diuji coba di Lab in Vitri, peemuannya itu mampu memerangi sel kanker dari tubuh orang yang telah terjangkit. Sayangnya, penemuan Warsito ditolak dan tidak mendapat izin dari Lembaga Kesehatan Indonesia.

Mirisnya, mesin pembunuh sel kanker Warsito ini malah sering dipesan oleh Jepang. Negara itu setidaknya mengakui keunggulan mesin itu dalam memerangi kanker yang jauh lebih baik dari negara lain.

Warsito P. Taruno, penemu mesin pembunuh kanker (okezone.com)

#3 Randall Hartolaksono


Randall Hartolaksono adalah seorang lulusan University of London. Dia adalah salah satu penemu Indonesia yang diakui dunia dan kurang dilirik di Indonesia. Apa penemuannya?

Penemuannya ini penting banget. Randall telah menciptakan bahan anti api dan anti panas dari kulit singkong yang inovatif banget.

Sayangnya, kerya Randall Hartolaksono ini tidak ditindaklanjuti pemerintah Indonesia. Padahal penemuan pentingnya ini banyak digunkan perusahaan otomotif dunia loh.

Beberapa produk dari merk dunia seperti Ford dan Petronas pun menggunakan karya Randall.

Randall Hartolaksono, penemu bahan anti api dan anti panas (ikons.id)

#4 Dr. Yogi Ahmad Erlangga

Yogi Ahmad Erlangga tak banyak dikenal di Indonesia. Dia adalah doktor di bidang matematikan terapan termuda pertama dari Indonesia.

Yogi mendapatkan gelar doktornya dari Universitas Teknologi Delft, Belanda pada usia 31 tahun!

Yogi Ahmad Erlangga dikenal mampu memecahkan berbagai permasalahan penggunaan minyak menggunakan rumus matematika. Keahliannya itu membuat dia dilirik perusahaan minyak dunia seperti Shell.

Sayangnya, hasil penelitiannya tak pernah dilirik perusahaan besar di Indonesia. Padahal potensial banget loh.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga, doktor matematika terapan termuda (maxmanroe.com)

#5 Muhammad Nurhada


Muhammad Nurhada adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang. Dia adalah seorang inovator yang berhasil menciptakan kompor ramah lingkungan.

Lewat kompor ramah lingkungannya itu, M. Nurhada berhasil menciptakan emisi gas yang berada di bawah ambang batas yang ditetapkan WHO. Makanya, kompor ramah lingkungan ini disukai banyak negara.

Sayangnya, sekali lagi, karya buatan anak bangsa ini justru sepi peminat di dalam negeri. Padahal kompor ramah lingkungan ini diminati India, Meksiko, Peru, Kamboja, hingga Norwegia.

Itulah 5 penemu Indonesia yang diakui dunia tapi kurang dilirik di negeri sendiri. Apa masih ada penemu lain yang belom disebutkan?

Muhammad Nurhada, penemu kompor ramah lingkungan (liputan6.com)