Terbongkar! Kebenaran Detox Kaki yang Ternyata Palsu, Kamu Pernah Coba Gengs?

Detox kaki baik direndam atau ditempel di kaki, semua gak ada bukti ilmiahnya.

Pernah detox kaki pakai semacam ramuan herbal gitu gak sih gengs? Ada yang ditempel semalaman di kaki semalaman dan ada juga yang cara pakainya direndam.

Kali ini kita bakalan mengulas, beneran gak sih detox kaki bisa dilakukan? Jangan-jangan cuma akal-akalan marketing aja nih! Terutama yang model spa berharga mahal itu.

Merendam kaki di bak spa bisa terasa menyenangkan. Tetapi apakah ada manfaat kesehatan yang terbukti? Beberapa spa menawarkan rendaman kaki "ionik" di mana arus listrik mengalir ke dalam bak air dan berinteraksi dengan garam atau bahan kimia lainnya untuk menciptakan efek pengion.

Penjual layanan ini mengklaim proses tersebut menghilangkan racun dari tubuh, yang katanya bisa menghilangkan stres. Kamu juga bisa ngerendem kaki sendiri di rumah. Apakah mungkin untuk mendetoksifikasi tubuh melalui kaki?

Detox menggunakan kaki menggunakan teknik ionik itu sia-sia.

Bayangkan kamu cuma nyelupin kaki ke air, terus warna airnya berubah jadi keruh atau jadi warna lain. Katanya itu racun tubuh yang keluar dari kaki.

Namun, para peneliti telah menunjukkan bahwa air benar-benar berubah menjadi coklat karena reaksi kimia dengan logam di dalam bak saat mereka berinteraksi dengan air asin.

Acara TV "Inside Edition" menguji mandi kaki semacam itu beberapa tahun lalu, menunjukkan bahwa perubahan warna tetep terjadi meski gak ada yang merendam kakinya.

Detox kaki (groupon.com)

Para peneliti di Canadian College of Naturopathic Medicine juga menguji mandi kaki ionik pada tahun 2012. Mereka meminta enam peserta untuk mandi empat kaki di mesin "IonCleanse" selama sebulan.

Urine dan rambut subjek penelitian diuji sebelum dan sesudah rangkaian mandi. "Tampaknya tidak ada induksi spesifik pelepasan elemen beracun melalui kaki saat menjalankan mesin sesuai spesifikasi," para peneliti menyimpulkan.

Tubuh udah dirancang dengan baik untuk menyaring kotoran melalui hati dan ginjal. Kebanyakan "racun" akan dipaksa keluar dari tubuh melalui urin atau hasil samping lain.

Salah satu jenis bantalan racun kaki telah dinyatakan sebagai penipuan.

Detox kaki direndam (sacredrootsholistichealing.com)

Metode lain untuk detoksifikasi melalui kaki deganmenempelkan bantalan penyerap racun di telapak kaki sebelum tidur. Pas kamu bangun keesokan paginya dan melepasnya, baklan berubah warna jadi gelap dan tampak kusut.

Itu jadi bukti kalau racun kaki udah terserap. Pernah pakai produk kayak gini gengs?

Pada tahun 2010, Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat melarang penjualan Bantalan Kaki "Detox" Kinoki karena iklan palsu, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut secara keliru mengklaim bantalan tersebut dapat mengobati kondisi seperti sakit kepala, depresi, diabetes, radang sendi, dan obesitas. 

Perusahaan, Xacta 3000, Inc., didenda $ 14,5 juta, jumlah total yang dihasilkan dari penjualan alas kaki (harga per set: $ 19,95, ditambah $ 9,95 untuk pengiriman). Denda tersebut tidak dibayarkan karena perusahaan tidak mampu membayarnya.

Namun, produsen alas kaki lainnya terus menjual bantalan detoks kaki secara online, menggembar-gemborkan manfaat kesehatan seperti sistem kekebalan yang lebih kuat, vitalitas dan energi yang lebih besar, sirkulasi yang sehat, dan kondisi mental yang positif — meskipun tidak ada bukti ilmiah dari jurnal medis terkemuka yang mendukung klaim ini.

Jangan gampang percaya ya gengs.

Detox kaki ditempel (powerofpositivity.com)