Kalian Tahu Gak, Alasan Kenapa Gerai Indomaret dan Alfamart Seringkali Berdekatan?

Kalian Tahu Gak, Alasan Kenapa Gerai Indomaret dan Alfamart Seringkali Berdekatan?

Minimarket adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan di mana pun negaranya. Termasuk Indonesia. Sebab di minimarket tersebut, ada hampir semua kebutuhan dari kita dijual. 

Dari makanan, minuman, sabun, pakaian dalam, kosmetik, pulsa, dan sebagainya. Nyaris komplit untuk kebutuhan dasar.

Dua brand besar minimarket di Indonesia yang sampai saat ini hampir selalu hadir sampai ke daerah-daerah adalah Indomaret dan Alfamaret. Kalian tentu familiar dong dengan dua brand minimarket ini?

Yup, Indomaret dan Alfamart memang tersebar sampai ke mana saja. Saking banyak dan menjamurnya bisnis ini, banyak juga lho gerai yang menyamai desain dan logo mereka agar laris juga. 

Selain itu, Banyak dari kalian mungkin sudah sering memperhatikan. Bahwa lokasi Alfmart dan Indomaret hampir selalu berdekatan. Tapi sudah tahu belum apa kira-kira alasannya?

Nah, ternyata ini lho beberapa alasan kenapa letak gerai mereka berdekatan:

1. Membidik Pasar yang Luas

Jika hanya ada satu gerai toko saja. Mungkin orang jadi kurang minat untuk datang. Mungkin karena sepi. Namun jika ada beberapa toko yang mirip dan serupa. Orang jadi tertarik datang, dan bahkan ada kemungkinan tertukar. Maksudnya mau ke Indomaret, malah ke Alfamart. Dan sebaliknya.

Gerai Indomart (ekonomi.bisnis.com)

2. Beradu Saing

Karena bentuk bisnis mereka sama, tentu Indomaret dan Alfamart ingin menunjukkan keberadaannya dan merebut hati konsumen. Mereka ingin bersaing dan membuktikan, siapa di antara kedua gerai ini yang lebih laris dan disukai konsumen. 

3. Memberikan Penawaran Lebih

Dengan berdekatan posisinya. Ada kesempatan besar untuk menjaring lebih banyak konsumen. Sebab, jika di satu gerai, suatu produk tidak tersedia. Maka konsumen akan langsung menuju ke gerai yang satunya tanpa pikir panjang.

4. Memberikan Keunggulan yang Berbeda

Meski kelihatannya sama dari segi tempat, produk, dan operasional. Namun tentu realitasnya tidak semuanya sama. Entah dari segi promo, kelengkapan produk, dan sebagainya. Jadi, masing-masing gerai bisa mencari kelemahan kompetitor dan kemudian membuatnya jadi keunggulan sendiri.

5. Target Penambahan Gerai

Gerai yang meniru logo dan font Indomaret dan Alfamart (rakyatmaluku.com)

Mungkin akan butuh waktu dan persiapan yang berat untuk menyiapkan lokasi baru untuk sebuah gerai. Namun, jika ada salah satu gerai, misalnya Indomaret atau Alfamart dulu di sebuah daerah. Perusahaan retail ini tidak perlu bingung cari lokasi. Langsung aja beli lokasi dekat gerai itu.

Nah, gimana ges? Sudah gak penasaran lagi kan kenapa posisi Alfamart dan Indomaret berdekatan

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Gerai alfamart (kupang.tribunnews.com)