Bedanya Kanjeng Ratu Kidul Dan Nyi Roro Kidul Menurut Anak Indigo, Ternyata Begini

Penguasa tertinggi laut Selatan adalah Kanjeng Ratu Kidul ya gengs.

Sampai sekarang masih banyak yang menganggap kalau Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok yang sama. Padahal beda loh gengs. Keduanya nama itu masing-masing dimiliki oleh sosok yang berbeda.

Perbedaan antara Kanjeng Ratu Kidul dengan Nyi Roro Kidul diungkapkan sama anak Indigo Tasha Siahaan. Perbadaan ini dia jelaskan ketika menelusuri Pasarean Ledoksari, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tasha tampil dalam acara youtuber khas horor Billy Christian. Mereka berdua menelusuri pasarean Ledoksari yang masih berada di dalam kawasan Tamansari. Tempat ini adalah tempat pribadi sultan masa dulu.

Keseruan mereka berdua terekam dalam vlog Billy Christian bertajuk Bertemu Ibu Ratu Pantai Selatan: IndigoTalk Travel Jogja. Buat kamu yang pengen nonton lebih lengkap bisa mampir sendiri ya gengs.

Pas menelusuri Pasarean ketika malam, Tasha mengaku ketemu sama kanjeng Ratu Kidul.

"Mungkin kita di sini tahu yang dimaksud Ibu Ratu itu siapa. Tapi mungkin penonton di rumah enggak tahu dengan yang Tasha sebut sebagai Ibu, jadi tolong jelaskan dong," pinta Billy ke gadis indigo tersebut.

Tasha menjelaskan kalau Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Rara Kidul alias Nyi Roro Kidul itu beda.

Pantai lau selatan (harianmerapi.com)

"Itu bukan Nyi Roro Kidul, jadi mereka beda. Kalau dari yang aku baca, Nyi Roro Kidul itu kalau orang kita menyebutnya kayak menteri luar negerinya," Jelas Tasha.

Dia menjelaskan kalau Nyi Roro Kidul memiliki tugas menjaga pantai selatan.

"Dia yang mengurusi keluar dari pantai Kak. Kalau ada orang yang ngomong bisa dapat pesugihan, ya kalau mintanya jelek yang keluar pasti buruk,” cerita Tasha.

“Pokoknya mereka berdua itu beda sosok. Kalau Ibu Ratu Kidul itu penguasa laut pantai selatan," kata Tasha ngasih penjelasan.

Ternyata Tasha pernah melihat sosok kanjengRatu Kidul.

"Dulu pernah ketemu di sini sekitar dua atau tiga tahun yang lalu," ungkap Tasha.

Tasha anak Indigo (YouTube Billy Christian)

Seorang youtuber bernama Nadia Omara juga pernah menyinggung soal perbedaan Ibu Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Di vlog-nya Asal Usul dan Legenda Ratu Pantai Selatan.

"Sebutan untuk Ratu Pantai Selatan itu ada dua, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul," ungkap Nadia dalam vlog-nya. Ia bercerita jika Kanjeng Ratu Kidul dipercaya masyarakat setempat sebagai roh yang paling suci.

"Pada umumnya, dia hanya menampakkan diri hanya untuk memberikan isyarat atau kejadian penting. Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki kuasa atas ombak besar di samudra," tambahnya.

Terus Kanjeng Ratu ini juga bisa berubah tampilannya gengs. Sang ratu akan terlihat muda dan cantik saat menampakkan diri pada bulan pertama. Namun, ia berubah menjadi wanita tua saat bulan biasa.

Nadia menjelaskan kalau Nyi Roro Kidul adalah pembantu Ibu Ratu Kidul.

"Mereka berdua itu selalu dikaitkan, karena dalam kepercayaan orang Jawa, Kanjeng Ratu Kidul ini memiliki pembantu setia bernama Nyi Roro Kidul," ungkapnya.

Jadi gengs, emang beda ya Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. ..

Ilustrasi Kanjeng Ratu Kidul (wikipedia.org)