Kisah Haru Seorang Lelaki Terbangun dari Koma dan Tidak Mengenali Istrinya, Kecuali Anak-anaknya

Kisah haru seorang lelaki terbangun dari koma dan tidak mengenali istrinya, kecuali anak-anaknya.

Seorang penulis bernama Todd Wasserman pernah terbangun dari koma pada Januari 2019 lalu. Terbangun dari koma, Todd hanya memiliki sedikit ingatan selama tiga dekade terakhir dalam hidupnya.

Dia hanya ingat kelahiran putrinya dan mengadopsi putranya. Sayangnya, dia sama sekali tidak bisa mengingat istrinya. Todd hilang ingatan, sebagai efek samping yang sangat umum terjadi akibat serangan jantung. 

Sekitar setengah dari orang-orang yang selamat dari serangan jantung muncul dengan masalah fungsi kognitif. Todd pun mencoba menyatukan kembali hidupnya setelah terbangun dari koma. Dia mencoba mengingat banyak hal dan memulihkan ingatannya.

Kisah haru ini bermula dari profesinya sebagai jurnalis lepas. Setelah lama bekerja sebagai jurnalis lepas, Todd memiliki pekerjaan tetap dan menghasilkan banyak uang. Dia pun bisa membeli rumah baru di New Jersey, Amerika Serikat, dengan uang tunai.

Dia pun tetap meneruskan pekerjaannya sebagai penulis hingga usianya 50-an.

Namun pada awal Januari 2019 lalu, hidupnya berubah secara tidak terduga. Suatu pagi, Todd pergi untuk jogging sebagaimana kebiasaannya setiap pagi. Setelah pulang, Todd duduk di sofanya dan jatuh pingsan.

“Ketika saya selesai berlari, saya mengalami kesulitan bernapas.  Jadi sebelum istri saya pergi, saya meminta inhaler asmanya dan mengeluh merasa "tidak nyaman".  Tidak ada tanda-tanda lain tentang apa yang akan terjadi,” katanya.

Willow, putrinya yang berusia 11 tahun, mengatakan kalo wajah ayahnya berubah jadi ungu dan membuat suara seperti sapi. "Kupikir kamu membuat lelucon aneh, tapi ternyata tidak," kata Willow.

Ilustrasi, Todd Wasserman biasanya jogging setiap pagi (unsplash.com)

Willow pun segera menelpon ibunya setelah mengetahui kondisi serius yang dialami ayahnya. Istri Todd, Nina, sempat menjawab telepon Willow, namun Willow terlalu histeris. Willow pun berlari ke rumah tetangga sebelah, tapi tidak ada yang menjawabnya.

Willow meminta saran ke ibunya apakah harus menghubungi 911. Willow pun melakukannya dan tak lama kemudian tim medis datang ke rumahnya dan mencoba untuk menyadarkan Todd dengan defibrilator.

Saat itu, jantung Todd berhenti. Otaknya pun mulai kehilangan oksigen.

"Setelah beberapa menit, tim medis akhirnya membuat jantung saya berdebar-debar lagi. Saya diintubasi dan dilarikan ke rumah sakit, di mana saya menghabiskan tiga hari berikutnya dalam keadaan koma,” ujarnya.

Todd alami koma selama tiga hari. Akhirnya Todd pun terbangun dari koma. Dan ketika membuka matanya, Todd tak melihat Nina. Mengetahui kabar suaminya telah siuman, Nina bergegas ke rumah sakit dan segera menyadari bahwa suaminya tak mengenali istrinya itu.

Setelah pulang, Todd alami serangan jantung dan tak sadarkan diri (unsplash.com)

Ketika bangun, hal yang dilontarkan pertama kali adalah, "Apakah ini keluarga atau apa?" Beberapa hari kemudian, mereka mengeluarkan selang itu agar Todd bisa berbicara. Todd mengaku bahwa dia telah mengalami hilang ingatan yang sangat dalam.

Todd bahkan menyangka bahwa Nina adalah adiknya. Todd butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk memahami keadaannya. Todd tidak ingat apa yang dipikirkannya. Pada satu titik, Todd mengira istri yang sempat tak dikenalinya itu telah menculiknya.

Todd butuh waktu hingga 18 bulan untuk pemulihan. Todd menghabiskan Januari 2019 itu di Kessler Institute for Rehabilitation di West Orange, New Jersey.

Ingatan Todd redup sejak saat itu. Hingga akhir bulan Januari, Todd diizinkan pulang. Sayangnya, Todd juga tak mengenali rumahnya.

Todd Wasserman dan kedua anaknya (nytimes.com)

“Selama waktu itu, konsepsi tentang diri saya sebagai orang yang mampu meragukan.  Itulah yang terjadi jika menghabiskan sebagian besar tahun untuk mendapatkan instruksi dasar seperti mengikat sepatu dan mengancingkan kemeja,” paparnya.

"Ketika orang-orang menanyakan usia saya, saya awalnya mengatakan saya berusia 10 tahun. Kemudian, saya menyesuaikannya menjadi 30. Ketika dokter memberi tahu saya bahwa saya berusia 50 tahun, saya tidak dapat mempercayainya. Atau begitulah kata istriku,” ujarnya.

Todd mengungkapkan bahwa dia tidak ingat pesta ulang tahunnya yang ke-50 pada Oktober 2018. Dia juga tak ingat telah meninggalkan pekerjaannya di Mashable sebagai freelancer penulis tahun 2016. 

Yang dia ingat adalah Malam Tahun Baru 1980 di rumah pamannya untuk pesta keluarga. Demikian halnya Malam Tahun Baru 1990 ketika merayakan momen itu di motel bersama teman-temannya.

"Saya ingat kamp pada tahun 1978 ketika saya bertemu dengan seorang anak Tapi saya bingung tentang apa pun dari tahun 2010-an hingga sekarang.  Saya melihat foto diri saya beberapa tahun terakhir dan tidak ingat apa yang saya lakukan.  Foto-foto berfungsi sebagai titik kontak untuk acara, tetapi tidak membangkitkan konteks apa pun,” kata Todd Wasserman.

Todd tak ingat istri dan rumahnya, dan banyak memorinya menghilang (cnbc.com)

Lebih dari setahun setelah cedera, Todd masih tidak bisa mengingat dengan jelas bahwa dia sudah pindah ke rumah baru atau telah berusia 50 tahun.

"Saua ingat waktu-waktu sebelumnya. Saya ingat Willow lahir pada tahun 2007. Dan saya ingat pergi ke Korea Selatan tahun 2011 untuk mengadopsi putra kami, Caleb," katanya.

"Selama tahun saya pulih, saya mulai membuat kenangan baru. Saya mulau mengemudi lagi," katanya.

Setelah pemulihan selama setahun, satu-satunya perubahan dalam hidupnya adalah cenderung tidur lebih awal. Todd bahkan tidak bisa minum alkohol lagi. 

Setelah dibawa ke ujung kematian itu, Todd Wasserman tidak terlalu takut dengan kematian. "Beberapa bulan setelah saya mulai berpikir jernih, saya mengunjungi seorang ahli jantung yang menangani saya di rumah sakit," tutup Todd Wasserman.

Butuh waktu yang cukup lama untuk memulihkan ingatannya lagi (insider.com)