Kota Paling Nyaman untuk Belajar Mana Aja Sih? Simak Nih Daftarnya ...

Kota paling nyaman untuk belajar mana aja sih? Simak nih daftarnya ....

Mana aja sih kota paling nyaman untuk belajar? Ada banyak kok gengs. Salah satunya Yogyakarta, Bandung, atau Malang. Tapi kalo itu kan di Indonesia. Gimana kalo di luar negeri?

Yap, pertimbangkanlah dulu suasana sebuah kota sebelum memilih untuk kuliah di luar negeri. Soalnya, gak semua kota cocok yang bagus di dunia cocok buat belajar gengs. Kamu juga mesti pertimbangkan gaya hidup dan biaya hidup juga.

Kalo gitu simak nih daftar kota paling nyaman untuk belajar. Di mana aja sih?

#1 Paris


Kota paling nyaman untuk belajar yang pertama adalah Paris. Ibu kota Prancis ini adalah kota terbaik untuk para pelajar. Paris juga punya banyak universitas kelas dunia dengan kualitas terbaik dunia.

QS World University Rankings 2017-2018 mencatat Paris memiliki 18 universitas top! Meski begitu, kota ini terkenal dengan kehidupan yang cukup mahal. Tapi, biaya kuliah di sana tergolong sangt murah.

Banyak destinasi wisata dan iklim pendidikannya terasa asik banget. Paris juga memiliki banyak universitas berusia ratusan tahun loh. Lulusan Paris biasanya diincar banyak perusahaan besar di seluruh dunia.

Paris (france-pub.com)

#2 Melbourne


Kota paling nyaman untuk belajar selanjutnya adalah Melbourne. Ada tujuh universitas top di Melbourne yang tembus peringkat dunia juga. Mulai dari University of Melbourne atau Australian National University.

Di kota ini ada banyak atraksi menarik. Mulai dari pantai yang indah hingga kehidupan kota yang nyaris gak pernah tidur. Melbourne juga punya banyak museum yang sangat beragam.

Kendalanya adalah ... biaya kuliah di Melbourne cukup tinggi. Tapi bakal kebayar deh kalo dengan kehidupan kota yang cocok banget buat para pelajar, terutama mahasiswa asing.

Melbourne (redballoon.com.au)

#3 Tokyo


Kota paling nyaman untuk belajar selanjutnya adalah Tokyo. Ibu kota Jepang ini emang padat penduduk, bahkan yang paling padat di dunia. Tapi, ada banyak universitas top di sini seperti Tokyo University.

Tokyo adalah kota yang sangat sibuk. Tokyo juga memiliki 13 universitas berkelas internasional. Kota ini sangat nyaman untuk belajar karena transparansinya, bebas polusi, transportasi yang memadai, dan banyak lagi deh.

Tokyo (departures.com)

#4 Sydney


Sydney juga menjadi kota paling nyaman untuk belajar selanjutnya. Sydney punya lima universitas berkelas dunia dan cocok banget untuk para pelajar.

Kendalanya sama seperti Melbourne. Sydney juga terkenal dengan biaya kuliah dan kehidupan yang sangat tinggi. Makanya, banyak mahasiswa asing di Sydney yang mencoba menutupi biaya hidupnya dengan bekerja paruh waktu alias part-time job.

Sydney sendiri adalah pusat finansial dan perkonomian Australia. Sydney dikenal dengan panorama pelabuhannya yang terkenal, pantai yang selalu bisa diakses, dan punya banyak taman kota.

Sydney (sydney.com)

#5 London


Kota paling nyaman untuk belajar selanjutnya adalah London, ibu kota Inggris. Seperti halnya Paris, London punya 19 universitas berkelas dunia. 

London nyaman banget buat para pelajar. Terlebih karena di kota ini ada The British Library yang disebut-sebut sebagai perpustakaan terlengkap di dunia. Koleksinya ada buku-buku tua, buku-buku terbaru, hingga manuskrip tua dari berbagai wilayah di dunia.

London juga merupakan pusat perekonomian Inggris. Kota ini nyaris tak pernah tidur. Tapi yang paling penting untuk para pelajar, London adalah kota dengan biaya terjangkau untuk kehidupan sehari-hari dan biaya kuliah.

London (london.gov.uk)

#6 Singapura


Negara tetangga kita, Singapura, adalah kota paling nyaman untuk belajar juga nih. Negara pulau kecil yang deket banget dari Indonesia ini memiliki reputasi yang baik dalam dunia pendidikan.

Singapura dikenal sebagai negara kaya tanpa pengangguran. Aman pula. Standar kehidupan Singapura juga cukup tinggi dan membuat negara kecil ini mendapat possi sebagai negara termahal ke-4 di dunia.

Dua universitas terkenal di Singapura seperti National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU). Kamu juga lebih gampang kalo mau pulang ke Indonesia, deket banget~

Singapura (ttgasia.com)

#7 Montreal


Montreal adalah kota paling nyaman untuk belajar juga nih. Kota yang menjadi ibu kota kebudayaan Kanada ini masuk dalam jajaran kota paling layak huni di dunia. Kota ini juga kota pelajar tingkat dunia setelah Singapura.

Orang Montreal menggunakan dua bahasa, Prancis dan Inggris. Saking nyamannya, banyak imigran dari penjuru dunia di kota ini, tapi tetap gak mengurangi kenyamanan untuk belajar.

Montreal juga terkenal sebagai kota jazz dunia. Ada banyak festival musik terutama jazz di kota ini. Bahkan populasi pelajar di Montreal cukup tinggi loh.

Montreal (ville.montreal.qc.ca)

#8 Hong Kong


Hong Kong adalah salah satu pusat perekonomian dunia. Dengan wilayah yang kecil, kota ini termasuk yang terpadat di dunia. Hong Kong sendiri memiliki empat universitas terbaik di Asia dan dunia loh.

Kendalanya, kota ini termasuk yang paling mahal dalam urusan tempat tinggal. Tapi, biaya makan dan transportasinya sangat terjangkau. Hong Kong bahkan disebut sebagai salah satu kota teraman di dunia.

Hong Kong juga dekat dengan kota-kota besar di China seperti Shenzhen dan Guangzhou. Kota ini juga menjadi tempat transit penerbangan dunia. Yang terpenting, gak jauh-jauh amat dari Indonesia.

Hong Kong (theconversation.com)

#9 Seoul


Kota paling nyaman untuk belajar selanjutnya adalah Seoul, ibu kota Korea Selatan. Seoul sendiri adalah salah satu kota dengan banyak universitas unggulan dunia. Seoul National University misalnya.

Buat para penggemar K-Pop, kota ini jelas cocok banget buat didatengin. Kota ini juga punya banyak atraksi seru dan menarik untuk dijelajahi. Seoul juga nyaris gak pernah tidur dan selalu sibuk setiap hari.

Tapi di balik kesibukan Seoul, kota ini tetap nyaman untuk ditinggali sambil belajar juga. Seru banget deh!

Itulah kota paling nyaman untuk belajar. Kamu tinggal pilih aja deh mau kuliah di mana. Yang penting punya modal cukup untuk berangkat kuliah ke luar negeri ya.

Seoul (asiatimes.com)