Fakta Mengenai Melanoma, Kanker Kulit yang Bisa Kamu Derita Karena Efek Buruk Sinar UV

Makanya, penting untuk gak panas-panasan di siang hari, atau pakai sunblock.

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit. DTerlalu banyak berjemur di bawah sinar matahari dapat menyebabkan melanoma. Sekarang ini melanoma jadi kanker paling umum pada orang berusia 25 hingga 29 tahun.

Berikut ini fakta soal melanoma, biar kamu bisa jaga diri dan keluarga dari kanker ini.

1. Melanoma dimulai di sel kulit yang disebut melanosit

Melanosit adalah sel kulit yang menghasilkan pigmen atau warna di kulit. Ketika sinar ultraviolet merusak sel-sel ini, mereka bisa mulai tumbuh gak terkendali.

Itulah yang dimaksud dengan kanker. Kerusakan ini biasanya berasal dari paparan sinar matahari yang intens atau dari penggunaan tanning bed. Melanoma biasanya dimulai sebagai bercak kulit coklat atau hitam baru atau perubahan tahi lalat yang kamu punya.

2. Resiko melanoma dari gen

Hampir 90% melanoma berasal dari paparan sinar ultraviolet. Tapi, gen juga bisa berperan. Kalau kamu punya kerabat dekat, orang tua atau saudara kandung yang pernah menderita melanoma, risiko kamu jadi meningkat sekitar 50%.

Sekitar 1 dari setiap 10 orang dengan melanoma memiliki riwayat keluarga. Orang yang memiliki kulit cerah, rambut pirang atau merah, dan mata biru juga menghadapi peningkatan risiko.

Melanoma pada kulit (cancer.ie)

3. Sebagian besar melanoma dapat disembuhkan

Melanoma hampir selalu dapat disembuhkan jika ditemukan dan diobati sejak dini. Sistem ABCDE adalah cara terbaik untuk melakukannya.

A untuk asimetri — tahi lalat yang lebih besar di satu sisi daripada sisi lainnya.

B untuk pembatas — tepi yang tidak rata atau berlekuk.

C untuk warna — variasi warna.

D untuk diameter — ukurannya lebih besar dari penghapus pensil.

E untuk berkembang — perubahan ukuran, warna dan ketebalan.

Waspadai juga tahi lalat yang mulai gatal atau berdarah.

4. Stadium melanoma menentukan pengobatan

Dokter menggambarkan melanoma dengan ketebalan, kedalaman dan penyebarannya. Melanoma stadium 1 dan 2 hanya ada di kulit. Melanoma stadium 3 dan 4 telah menyebar ke kelenjar getah bening atau area lain di tubuh. Untuk kebanyakan melanoma stadium 1 dan 2, pengobatannya adalah mengangkat kanker dan sejumlah kecil jaringan normal di sekitarnya. Untuk tahap 3 dan 4, pilihan pengobatan mungkin termasuk pembedahan, obat kanker, dan pengobatan radiasi.

Melanoma pada kuku (heatline.com)

5. Ada empat jenis melanoma

Melanoma yang menyebar secara superfisial adalah jenis yang paling umum. Biasanya muncul di punggung dan punggung atau kaki wanita. Lentigo maligna melanoma lebih sering terjadi pada orang tua. Biasanya muncul di wajah, telinga, lengan, dan tubuh bagian atas. 

Melanoma lentiginous akral terbentuk di bawah kuku dan di telapak tangan dan di telapak tangan. Ini adalah melanoma paling umum pada mereka yang berkulit gelap.

Melanoma nodular paling mungkin menyebar. Biasanya benjolan berwarna di batang tubuh, kaki, lengan, atau kulit kepala orang tua.

Kamu bisa menurunkan risiko melanoma dengan melindungi kulit. Saat berada di luar antara jam 10 pagi dan 4 sore, carilah tempat teduh. Kenakan pakaian pelindung dengan lengan panjang, celana panjang, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam.

Gunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari SPF 30 atau lebih tinggi dan oleskan kembali setiap dua jam. Terakhir, periksa seluruh tubuh dengan menggunakan metode ABCDE.

Lindungi kulit dari sinar UV (telegraph.com)