Jika Kiamat Terjadi Mungkin Hanya 5 Hewan Ini yang Bisa Bertahan Hidup dari Kemusnahan

Jika kiamat terjadi mungkin hanya 5 hewan ini yang bisa bertahan hidup dari kemusnahan.

Dunia sering dibikin heboh oleh kabar datangnya kiamat. Seolah-olah bakal terjadi besok, besok banget. Padahal kita semua gak pernah tau kapan kiamat yang sebenarnya akan terjadi. 

Meski begitu, tanda-tanda kiamat udah banyak yang bermunculan. Kalo kiamat beneran terjadi berarti akan terjadi kemusnahan dunia. Tapi katanya, kiamat juga bisa dipercepat kedatangannya ya karena ulah manusia juga.

Semua manusia akan mati. Tapi tidak bagi 5 hewan berikut ini. Jika kiamat terjadi mungkin hanya 5 hewan ini yang bisa bertahan hidup dari kemusnahan.

#1 Tardigrade


Tardigrade adalah salah satu hewan yang akan bertahan hidup jika kiamat terjadi. Hewan yang disebut "beruang air" ini adalah salah satu hewan paling tangguh di muka Bumi. Ukurannya sangat kecil, mikroskopik. Mereka pun bisa bertahan hidup dari segala macam bencana.

Tardigrade bisa bertahan hidup lebih dari 1.000 kali tingkat radiasi yang dimiliki manusia. Mereka bisa bertahan 10 tahun tanpa air. Tardigrade juga bisa bertahan hidup dalam suhu antara -460 derajat Fahrenheit dan lebih dari 300 derajat Fahrenheit.

Tardigrade atau beruang air (kompas.com)

#2 E. coli


E. coli adalah hewan yang akan selamat juga jika kiamat benar-benar terjadi. Hewan ini adalah mikroba seperti bakteri. Mereka adalah organisme bersel tunggal yang akan selamat dari segala bencana di muka Bumi.

E. coli yang akan bertahan hidup adalah bakteri yang hidup di dalam usus manusia. Mereka adalah bakteri yang bertugas untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

E. coli bisa bertahan hidup enam kali lipat dari radiasi manusia. Mereka bisa membangun perlawanan dengan cepat. Itu berarti, kemungkinan besar mereka akan selamat dari berbagai macam bencana yang mendadak sekalipun.

Escherichia coli atau e. coli (nationalgeographic.com)

#3 Devil Worm


Devil worm dikenal juga sebagai cacing iblis. Spesies nematoda ini spesial banget, terutama karena kemampuannya untuk bertahan hidup dari tekanan dan suhu yang sangat ekstrem. Termasuk tanpa oksigen sekalipun.

Devil worm punya penampilan yang mengerikan. Cacing ini baru ditemukan sekitar 2011 lalu. Mereka ditemukan berada di 2,2 mil di bawah permukaan Bumi gengs!

Mereka hidup dalam keadaan gelap total. Lingkungan hidupnya ketika pertama kali ditemukan juga dalam tekanan yang ekstrem. Mereka juga bisa bertahan hidup hanya dengan memakan bakteri yang sangat kecil.

Devil worm alias cacing iblis (reddit.com)

#4 Semut


Semut juga jadi hewan yang akan selamat jika kiamat terjadi. Jumlah spesies ini mencapai 12.000 jenis di seluruh dunia. Mereka hidup di berbagai lingkungan dan suhu.

Kemampuan bertahan hidupnya yang luar bisa menjadi pertanda baik bagi kelangsungan hidup mereka. Jadi kemungkinan besar, semut akan tetap hidup meski kiamat terjadi. Sementara semua manusia tentu akan mati.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa semut akan mengorbankan atau membunuh anggota koloni semut yang dirasa sakit. Hal ini membantu menghentikan penyebaran penyakit ke seluruh koloni mereka. Pengorbanan ini juga membantu mereka bertahan dari pandemi atau penyakit serius.

Semut, kayaknya semua jenis semut deh (pinterest.com)

#5 Kecoa


Kecoa adalah serangga yang sangat hebat. Mereka terdiri lebih dari 4.000 spesies di seluruh dunia. Serangga yang nyebelin ini bisa bertahan hidup dari radiasi tingkat tinggi. Kekebalan tubuhnya akan meningkat dengan cepat.

Sebuah studi dari Purdue University menyebut ketika kecoa kena insektisida atau racun, mereka akan cepat mengembangkan resistensi tubuhnya terhadap racun itu.

Mereka juga punya daya tahan yang sangat kuat. Gokilnya lagi, semua kecoa juga bisa bertahan hidup dengan semua hal. Mereka juga bisa makan apa aja.

Mereka juga bisa melahirkan 200 hingga 300 keturunan dalam tempo 1 hingga 2 tahun! Padahal yang bisa ngalahin mereka cuma sandal jepit ya.

Itulah beberapa hewan yang akan bertahan hidup meski kiamat terjadi. Sementara semua manusia akan mati saat kiamat, mereka mungkin akan tetap tinggal di Bumi.

Kecoa juga bisa bertahan hidup kalo kiamat terjadi nih (kompas.com)