Hobi Bercocok Tanam? Tanaman Janda Bolong yang Super Mahal Ini Bisa Jadi Koleksi Berharga Lho!

Hobi Bercocok Tanam? Tanaman Janda Bolong yang Super Mahal Ini Bisa Jadi Koleksi Berharga

Selain ikan cupang dan sepeda. Tren bercocok tanam juga muncul kembali! Di sosial media bahkan mulai banyak influencer dan artis yang memposting hobi mereka mengoleksi tanaman, atau berkebun.

Belakangan, muncul satu tanaman hits yang punya nama dan tampilan yang unik. Janda Bolong. Disebut Janda Bolong karena bentuk daunnya lucu, bolong-bolong. Tapi entah juga kenapa harus pakai kata "janda" di depannya.

Tanaman ini sebenarnya punya nama populer Monstera Adansonii Variegeta. Tapi bukan orang Indonesia kalau gak kreatif kasih nama. Mungkin biar lebih dikenal dan merakyat disebutlah "Janda Bolong".

# Keistimewaan Tanaman Janda Bolong

Tanaman Janda Bolong populer karena bentuk daunnya yang cantik. Runcing dan ada aksen lubang-lubang tak beraturan menghiasi daunnya. 

# Berasal dari Jepang

Tanaman jenis ini berasal dari Jepang ini memang lagi digandrungi oleh mereka yang punya hobi ijo-ijoan. Ia juga masuk dalam varietas Monstera Adansonii.

Soal harga, kamu cukup bayar Rp10 ribuan saja untuk satu Monstera Adansonii dalam polybag yang memiliki 3-4 daun.

Namun, si Janda Bolong yang lagi super diburu dan trending ini bukan varietas Monstera Adansonii umum. Sebab ia memiliki varietas yang lebih spesifik yaitu Monstera Adansonii Variegeta. 

Monstera Adansonii umum yang biasa dan murah (pinterest.com)

Harganya pun gak semurah Monstera Adansonii biasa. Monstera Adansonii Variegeta ini punya harga gak main-main. Mau tahu harganya? Setara dengan mahar perkawinan!!!

Wagilaseh~

Mengutip laman Media Indonesia. Monstera Adansonii Variegeta saat ini sedang sangat diincar oleh para kolektor tanaman hias. Tentu karena bentuk dan warnanya yang unik.

Varietas ini bahkan bisa bernilai sampai Rp50 juta. Meski dengan hanya bonggol dan dua helai daun saja!! 

Wah, jadi inget harga tanaman gelombang cinta yang dulu lagi tren itu. Enggak seberapa sih dibanding harga tanaman Janda Bolong.

Tapi sebenarnya, harga yang fantastis ini bukan tanpa alasan. Sebab di situs Komorebi Plant Store, Jepang. Kamu akan menemukan harga tanaman Janda Bolong ini dibanderol USD1.700- USD2.500 atau sekitar Rp23-Rp36 juta. Bahkan ada yang sampai tembus Rp100 juta.

Warna dan bentuk yang cantik dari Monstera Adansonii Variegeta atau Janda Bolong (chooseyourplant.com)

Selain karena memang harga dari sononya yang sudah mahal. Tanaman Janda Bolong ini memang jumlahnya tak banyak. Jadi bener-bener cuma orang tertentu aja yang bisa beli dan punya. Dan pasti mereka tajir melintir banget deh. Beli tanaman kok sampe Rp100 juta. Mending buat modal usaha gak siiih? wkwkwkwkwk

Cuma punya 3 helai daun tapi harga selangit (komorobi.green)