Deretan Tahayul dari Berbagai Negara yang Dipercaya Bisa Datangkan Keberuntungan atau Kena Sial

Deretan tahayul dari berbagai negara yang dipercaya bisa datangkan keberuntungan atau kena sial.

Ada banyak tahayul yang dipercaya sebagian orang. Sebagian yang gak mempercayai tahayul itu tentu akan menyebutnya sebagai mitos aja. Bisa juga diabaikan.

Nah, Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya percaya dengan sejumlah tahayul. Kupu-kupu yang masuk ke rumah berarti pertanda akan ada tamu. Atau jika duduk di ambang pintu berarti bakal susah mendapat jodoh.

Itu baru sebagian kecil dari tahayul yang dipercaya banyak orang di Indonesia. Masih banyak tahayul lainnya yang bahkan tetap dipercaya oleh anak-anak jaman sekarang.

Tapi gak cuma orang-orang Indonesia aja kok yang percaya tahayul. Nah, inilah deretan tahayul dari berbagai negara yang dipercaya bisa datangkan keberuntungan atau kena sial setelahnya.

#1 Rusia


Sebagian masyarakat Rusia percaya bahwa kejatuhan kotoran burung bisa mendatangkan rejeki. Padahal di banyak negara, kejatohan kotoran burung adalah sesuatu yang menjijikkan ya. Tapi mitos ini juga dipercaya loh oleh beberapa suku di Indonesia.

Di Rusia, kejatohan kotoran burung bisa mendatangkan rejeki~ (pixabay.com)

#2 Dagestan, Rusia


Di Dagestan, sebuah wilayah di Rusia bagian selatan, ada juga tahayul tentang lalat nih. Jadi, tahayul itu menyebutkan kalo ada lalat jatuh ke mangkuk sup kita, berarti keinginan kita akan terpenuhi. 

Mungkin itu cuma mitos dari penduduk setempat ya. Soalnya, kalo ada lalat di dalam mangkuk sup kita, hal itu malah menjijikkan dan bikin gak nafsu makan.

Lalat di sup berarti bisa beruntung (healthiguide.com)

#3 Yunani


Tahayul di Yunani mungkin mirip dengan tahayul di Jepang nih. Tahayul ini menyebut kalo kita bersin tiba-tiba, berarti ada yang lagi ngomongin kita. Tapi kayaknya tahayul ini gak berlaku di Indonesia ya gengs.

Di Yunani, kalo kita bersin tiba-tiba berarti lagi ada yang ngomongin (freepik.com)

#4 Jepang

 

Di Jepang, ada tahayul tentang bercermin nih. Orang Jepang percaya bahwa gak akan pernah bercermin pada malam hari. Katanya, bakal muncul hantu atau hal-hal berbau mistis lainnya kalo nekat melakukannya.

Di Jepang, ada tahayul bercermin di malam hari (freepik.com)

#5 Qatar


Laba-laba adalah hewan yang mengerikan buat sebagian orang. Hewan ini sering bikin sarang di sudut-sudut rumah dan akhirnya jadi keliatan kotor deh. Tapi buat orang-orang Qatar, membunuh laba-laba adalah hal tabu.

Orang Qatar percaya bahwa laba-laba akan melindungi rumah dari kebakaran. 

Di Qatar, ada tahayul membunuh laba-laba adalah tabu (freepik.com)

#6 Italia


Kayaknya kalo ada orang hebat, kita ingin memujinya. Tapi kalo kita yang hebat, bisa jadi kita kebanjiran pujian atau malah pengin dipuji. Gak baik nih.

Nah, kalo di Italia, pujian tuh bukanlah hal yang menyenangkan. Sebab, pujian buat banyak orang Italia adalah awal dari sebuah bencana dan menjauhkan diri dari keberuntungan atau rejeki.

Di Italia, tahayulnya tentang pujian nih gengs~ (freepik.com)

#7 Skotlandia


Ada tahayul unik dari Skotlandia nih gengs. Katanya, kalo pengantin wanita tenggelam di dalam lumpur, maka kehidupan pernikahan pasangan itu akan bahagia.

Padahal secara umum, pengantin wanita selalu ingin berdandan cantik dan rapi. Paling maksimal di hari yang paling bahagia itu. Eh, orang Skotlandia malah beda ya.

Pengantin perempuan tenggelam di lumpur berarti bakal bahagia (dailymail.co.uk)

#8 Jerman


Di negara semaju Jerman juga ada tahayulnya loh. Bahkan dipercaya sama banyak orang Jerman. Tahayul itu menyebutkan kalo kucing yang melintasi jalan kita dari kiri ke kanan berarti itu adalah pertanda sial.

Sebaliknya, kalo kucing itu melintasi jalan kita dari kanan ke kiri, berarti tandanya adalah kebahagiaan.

Nah, kalo kucing yang lewat banyak gimana? (unsplash.com)

#9 Denmark


Di Denmark, orang-orang percya kalo piring yang pecah adalah tanda keberuntungan. Bahkan, piring pecah juga bisa dijadikan hadiah Natal di sana. Itu berarti penerimanya bakal mendapat keberuntungan.

Kayaknya gak perlu repot-repot menyiapkan kado yang mahal ya kalo ada perayaan di Denmark. Kasih aja piring pecah, mungkin orangnya bakal suka.

Piring pecah adalah tanda keberuntungan di Denmark (shutterstock.com)

#10 Malta


Orang-orang Malta punya tahayul sendiri yang unik nih. Umumnya, orang-orang Malta akan memasang jam yang tidak sesuai dengan jam yang tepat di setiap gereja. Tujuannya adalah untuk membingungkan para iblis.

Tahayul ini telah dilakukan sejak lama. Karena mereka percaya bahwa iblis biasanya muncul dan beraktivitas pada malam atau dini hari.

Jam di gereja dibikin salah biar iblis kebingungan (tripadvisor.com)

#11 Prancis

Di Prancis juga ada tahayul sendiri nih. Katanya, kalo seseorang menginjak kotoran hewan di jalanan bisa membawa keberuntungan atau malah bikin kena sial.

Kalo orang gak sengaja menginjak kotoran hewan di kaki kiri, maka orang itu akan beruntung. Sementara kalo nginjek kotoran hewan di kaki kanan, orang itu bisa kena sial.

Itulah tahayul dari berbagai negara di dunia. Ya, percaya gak percaya sih gengs.

Hayo, kaki mana yang nginjek? Cek dulu gih, siapa tau beruntung (unsplash.com)