Deretan Pahlawan yang Dilupakan oleh Bangsa Ini, Padahal Berjasa Besar Juga Buat Kemerdekaan Indonesia

Deretan pahlawan yang dilupakan oleh bangsa ini. Padahal berjasa besar juga buat kemerdekaan Indonesia.

Inilah deretan pahlawan yang dilupakan oleh bangsa ini. Mereka adalah para pahlawan yang sebenarnya juga punya jasa besar buat kemerdekaan Indonesia.

Memperjuangkan kemerdekaan kala itu bukanlah hal mudah. Seluruh rakyat bersatu dan berjuang merebut kemerdekaan dari para penjajah. Tak peduli usia atau jenis kelamin, saat itu semua orang siap untuk berperang melawan musuh dengan berani.

Kini, usia Indonesia genap berusia 75 tahun. Semua ini berkat perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa indonesia. Tapi, di antara pahlawan-pahlawan yang kita kenal itu ada banyak nama pahlawan yang dilupakan juga.

Simak deh deretan pahlawan yang dilupakan oleh bangsa ini. Padahal berjasa besar juga buat kemerdekaan Indonesia.

#1 Frans Kaisiepo


Nama Frans Kaisiepo mungkin tak begitu dikenal sebelumnya. Dia adalah salah satu pahlawan yang dilupakan meski punya jasa besar untuk kemerdekaan Indonesia. Sosoknya adalah pahlawan yang berasal dari Tanah Papua.

Beliau pernah menjadi Envoy Republik serta memantau resistence movement di Papua agar Belanda bisa keluar dari Indonesia. Dia pun berhasil mengalahkan penjajah dan menjabat sebagai gubernur Irian Barat hingga tahun 1973.

Frans Kaisiepo (id.wikipedia.org)

#2 Tan Malaka


Pahlawan yang dilupakan selanjutnya adalah Tan Malaka. Dia adalah seorang guru lulusan Belanda yag mendedikasikan diri untuk mencerdaskan rakyat Indonesia di zaman penjajahan.

Tapi, niat baiknya itu tak didukung Belanda hingga dia diasingkan oleh Belanda. Perjuangannya pun terus dilakukan hingga dia dieksekusi mati pada 21 Februari 1949.

Tan Malaka (wikipedia.org)

#3 Surastri Karma Trimurti


Surastri Karma Trimurti atau SK Trimurti adalah pahlawan perempuan yang berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dia adalah istri dari pengetik naskah prokolamati Sayuti Melik.

Semasa hidupnya, SK Trimurti adalah seorang wartawan. Kegiatan menulisnya pernah membuat dia ditangkap. SK Trimurti pun berusaha menyadarkan bangsa Indonesia di zaman penjajahan dulu.

SK Trimurti pun tetap menulis beberapa surat kabar dan memperjuangkan kebebasan pers , berekspresi, hingga memperjuangkan kaum-kaum yang tertindas.

SK Trimurti (wikimedia.org)

#4 Bernard Wilhelm Lapian


Pahlawan yang dilupakan berikutnya berasal dari Minahasa. Dia adalah Bernard Wilhelm Lapian yang sudah berjuang sejak Beladan berada di Tanah Minahasa. Bahkan dilanjutkan dengan melawan Jepang.

Beliau berperan penting dalam peristiwa heroik merah putih yang terjadi pada Februari 1946 silam. Bernard Lapian pun pernah diangkat sebagai Gubernur Sulawesi Utara selama setahun.

Bernard Wilhelm Lapian (validnews.id)

#5 Wikana


Wikana merupakan salah satu pahlawan yang dilupakan. Dia menjadi pahlawan kemerdekaan Indonesia yang mejabat sebagai Menteri Urusan Pemuda di era Kabinet Perdana Menteri Sjahrir.

Kiprahnya sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia adalah mendorong Bung Karno untuk mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Dorongan itu dia berikan lantaran dia telah mengetahui kabar kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Wikana juga berhasil membujuk para militer Jepang agar tetap membiarkan upacara pembacaan teks proklamasi 1945.

Wikana (tribunnewswiki.com)

#6 BM Diah

Gimana cara seluruh dunia tau bahwa Indonesia telah merdeka? Itulah peran penting BM Diah yang menjadi salah satu pahlawan dilupakan oleh bangsa ini.

Jasa besarnya adalah terus berupaya menyebarkan berita kemerdekaan Indonesia meski Jepang berusaha membuat berita sebaliknya. Kantor beritanya pun sempat disegel, tapi itulah perjuangan pahlawan kemerdekaan Indonesia yang satu ini.

BM Diah (detik.com)

#7 Daan Mogot


Daan Mogot mungkin lebih dikenal sebagai nama jalan di Jakarta atau di kota besar lain di Indonesia. Tapi sebenarnya dia adalah salah satu pahlawan yang dilupakan.

Daan Mogot adalah seorang mantan anggota PETA sekaligus Pelatih PETA di Bali dan Jakarta. Dia juga punya pengalaman sebagai komandan TKR di Jakarta dan berpangkat mayor. Namun sayang, Daan Mogot gugur saat berjuang melawan tentara jepang tahun 1946.

Daan Mogot (pinterest.com)

#8 Halim Perdana Kusuma


Halim Perdana Kusuma juga lebih dikenal sebagai nama salah satu bandara di Jakarta. Tapi, dia adalah salah satu pahlawan yang dilupakan loh. Dia adalah pahlawan yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia saat berjuang melawan Belanda di Sumatra.

Halim Perdana Kusuma juga melakukan pembelian senjata dari Thailand. Beliau gugur di usia yang masih muda, 25 tahun.

Halim Perdana Kusuma (strategi.id)

#9 Letjen Tahi Bonar Simatupang


Dialah pahlawan yang dilupakan dengan nama asli Tahi Bonar Simatupang. Dia adalah seorang Letnan Jenderal yang pernah bergerilya bersama Jenderal Sudirman.

Namanya kini lebih dikenal sebagai TB Simatupang. Dulu, TB Simatupang pernah menjadi wakil TNI dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda.

Letjen TB Simatupang (historia.id)

#10 HR Rasuna Said


Pahlawan yang dilupakan selanjutnya adalah Hj. Rangkayo Rasuna Said. Dia adalah pahlawan perempuan yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dia pernah ditahan oleh Belanda, tapi dia tetap memperjuangkan hak-hak wanita dan pria kala itu.

Selain itu, HR Rasuna Said juga pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (RIS).

HR Rasuna Said (bangkitmedia.com)

#11 Maria Walanda Maramis


Maria Walanda Maramis adalah salah satu pahlawan yang dilupakan juga. Dia dikenal sebagai pahlawan pendidikan untuk para perempuan Indonesia di zaman penjajahan.

Dia punya keinginan besar untuk menyejahterakan keluarga Indonesia. Dia juga ingin anak-anak Indonesia sehat. Dia pun mendirikan Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya atau PIKAT.

Maria Walanda Maramis (liputan6.com)

#12 Laksamana Malahayati


Laksmana Malahayati adalah salah satu pahlawan perempuan yang termasuk pahlawan yang dilupakan. Dia adalah pejuang emansipasi wanita sebelum RA Kartini lahir.

Dia pernah berjuang mengusir armada laut Portugis yang akan menjajah Indonesia. Nama aslinya adalah Keumalahayati yang merupakan putri dari Laksamana Mahmud Syah.

Laksamana Malahayati (id.wikipedia.og)

#13 Margonda


Pahlawan yang dilupakan selanjutnya adalah Margonda. Dia punya kontribusi besar untuk kemerdekaan Indonesia.

Margonda bukanlah pejuang yang berasal dari golongan milliter. Tapi dia mampu mendirikan Angkatan Muda Republik Indonesia sebagai awal mula TNI. Sayangnya, Margonda harus gugur saat berhadapan dengan tentara Inggris.

Margonda (historia.id)

#14 KH Abdul Wahab Hasbullah


KH Abdul Wahab Hasbullah adalah salah satu pahlawan yang dilupakan. Dia punya jasa besar yaitu mendirikan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sang kiai pernah mendirikan surat kabar bernama "Soeara Nahdlatul Oelama".

Surat kabar itu digunakan untuk menyampaikan berita dan berdakwah modern. KH Abdul Wahab Hasbullah pernah menjadu seorang Panglima Laskar Mujahid atau Hizbullah untuk melawan tentara Jepang.

KH Abdul Wahab Hasbullah (iqra.id)

#15 I Gusti Ngurah Made Agung


I Gusti Ngurah Made Agung adalah juga pahlawan yang dilupakan bangsa ini. I Gusti Ngurah Made Agung adalah seorang Raja Badung II yang tentunya berasal dari Badung, Bali.

I Gusti Ngurah Made Agung memang gugur dalam Perang Puputan. Namun, beliau punya jasa besar berhasil membangkitkan semangat perjuangan masyarakat Bali dalam melawan Belanda.

Itulah deretan pahlawan yang dilupakan oleh bangsa ini. Ya, padahal berjasa besar juga buat kemerdekaan Indonesia. Semoga kita gak lupa lagi dengan segala perjuangan pahlawan-pahlawan ini.

I Gusti Ngurah Made Agung (goodnewsfromindonesia.id)