Nyimeng dan Bahayanya yang Perlu Diketahui, Meski Ganja Bermanfaat untuk Konsumsi Obat

Nyimeng dan bahayanya yang perlu diketahui, meski ganja bermanfaat untuk konsumsi obat.

Nyimeng dan bahayanya sangat perlu kita ketahui. Soalnya gak cuma mengganggu kesehatan tubuh dan psikologis aja, ganja punya zat berbahaya yang disebut Delta-9 Tetrahydrocannabiol (THC). Ini adalah salah satu dari 400 zat kimia dalam ganja.

Mengisap ganja atau nyimeng, emang berbahaya. Tanaman ganja sendiri adalah tumbuhan berjenis rumput yang dikonsumsi sebagai rokok atau dimakan langsung. Nah, orang yang mengonsumsi ganja biasanya akan merasa sangat bahagia, berilusi, atau memikirkan hal aneh dalam pikirannya.

Mata seseorang akan sayu, mengantuk, bahkan menyebabkan kecelakaan saat berkendara. Jadi kamu perlu tau nih soal nyimeng dan bahayanya. Simak deh ulasannya.

#1 Merusak otak

Nyimeng dan bahayanya yang pertama adalah bisa merusak otak. Efek ganja ini berlangsung selama 24 jam atau lebih setelah dikonsumsi seseorang. Efek ganja juga bisa permanen, apalagi kalo penggunanya dimulai sejak usia remaja.

Nyimeng dan bahayanya yang perlu kalian ketahui adalah rusaknya sejumlah bagian otak terkait kewaspadaan, pembelajaran, memori, hingga skor IQ yang rendah.

#2 Merusak paru-paru

Nyimen dan bahayanya selanjutnya adalah merusak paru-paru. Hal ini bisa terjadi pada siapapun yang sering menggunakan ganja. Efek ganja bisa membuat seseorang mengalami masalah pernapasan, seperti para perokok tembakau.

Paru-paru pengonsumsi ganja lebih mudah terkena infeksi. Sebab, THC bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Gambar marijuana, tanaman ganja yang berbahaya buat tubuh (kompas.com)

#3 Masalah kesehatan jantung

Nyimeng dan bahayanya berikutnya adalah mendapat masalah kesehatan jantung. Pengonsumsi ganja membuat jantungnya berdetak 50-70 kali per menit. Bisa juga meningkat dari 60-120 detak per menit 3 jam setelah konsumsi.

Bahaya lainnya adalah meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

#4 Menurunkan kekebalan tubuh

Nyimeng dan bahayanya berikutnya adalah bisa menurunkan kekebalan tubuh. Soalnya, kandungan zat THC bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat pengguna ganja lebih rentan terhadap berbagai jenis kanker atau infeksi tertentu.

#5 Masalah peredaran darah

Kita juga bisa kena masalah peredaran darah loh kalo rutin mengonsumsi tanaman ganja. Ini karena zat THC memasuki paru-paru dan mengalir pula ke dalam darah. Dalam hitungan detik, zat itu juga akan mengalir ke seluruh tubuh.

Ternyata efek ganja parah banget ya buat tubuh (citybeat.com)

#6 Mengganggu sistem pencernaan

Nyimeng dan bahayanya berikutnya yaitu bisa mengganggu sistem pencernaan. Efek ganja menyebabkan sensasi rasa terbakar di mulut dan tenggorokan. Ganja juga menyebabkan masalah pencernaan.

#7 Mengganggu kesehatan mental

Mengonsumsi tanaman ganja punya efek buruk, yaitu mengganggu kesehatan mental seseorang. Penggunanya bisa merasa cemas, takut, atau panik. Ganja juga bisa meningkatkan risiko mengalami depresi klinis.

#8 Kecanduan

Nyimeng dan bahaya selanjutnya adalah kecanduan. Ini bisa bikin kamu kecanduan, padahal efek ganja buruk banget buat tubuh meski ganja bermanfaat untuk konsumsi obat. Sama halnya dengan gangguan pada pengguna narkoba.

Kita bisa kena sejumlah masalah di tubuh, dan ini bahaya banget! (steemit.com)

#9 Psikosis

Nyimeng dan bahayanya selanjutnya adalah mengalami psikosis. Apalagi kalo dikonsumsi dalam jangka panjang oleh orang dewasa. Psikosis sendiri adalah suatu kondisi yang memengaruhi cara otak memproses informasi. 

Kondisi ini menyebabkan seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan seperti melihat, mendengar, atau percaya hal-hal yang tidak nyata.

#10 Masalah reproduksi

Nyimeng dan bahayanya berikutnya adalah masalah reproduksi gengs! Efek ganja yang cukup parah nih, karena bisa menyebabkan disfungsi seksual. Gangguan ini berkaitan dengan risiko masalah kesuburan atau infetilitas.

#11 Perubahan DNA manusia

Nyimeng dan bahayanya berikutnya adalah terjadinya perubahan DNA manusia. Seorang pengonsumsi ganja bisa lebih rentan terkenal kanker karena asap pembakaran tanaman ganja mengandung radikal bebas yang bisa merusak DNA.

Gambar marijuana (unsplash.com)

Itulah pembahasan soal nyimeng dan bahayanya yang perlu kalian ketahui. Ya, meski ganja bermanfaat untuk konsumsi obat sih. 

Sebaiknya hindari gengs, karena seseorang juga bisa terjerat hukum berkat Undang-Undang Ganja yaitu Pasal 112 UU Narkotika. Ganja termasuk Narkotika Golongan I dan bisa dipidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun. Denda paling sedikit Rp800 juta hingga Rp8 miliar!

Sebaiknya jauhi, karena kamu yang bakal rugi sendiri deh~ (unsplash.com)