Kisah Pahlawan Terlupakan, Pernah Mengusir Penjajah dari Indonesia dan Kini Berdagang Celengan Tanah Liat

Kisah pahlawan terlupakan, pernah mengusir penjajah dari Indonesia dan kini berdagang celengan tanah liat.

Indonesia telah merdeka dari penjajahan selama 75 tahun. Namun, kehidupan yang pilu masih dirasakan banyak orang, salah satunya adalah seorang pahlawan yang pernah mengusir penjajah dari Indonesia.

Pahlawan itu adalah akrab disapa Pak Min. Kisah pahlawan terlupakan ini dibagikan oleh pengguna Instagram Ahmad Thoric lewat akun @thoric.idn baru-baru ini.

Dalam unggahannya itu, terlihat sosok Pak Min yang sudah tua sedang berjualan celengan tanah liat dan mainan anak di pinggir jalan.

Ahmad Thoric bercerita bahwa kakek ini adalah salah satu pahlawan yang ikut berjuang mengusir penjajah. Lelaki berusia 87 tahun itu berkata bahwa dia telah berjuang mengangkat senjata untuk melawan penjajah sejak kecil.

“Beliau Pahlawan. Kita bisa hidup enak, menikmati segala kemudahan, gadget, sosmed dan lain-lain, di antaranya adalah jasa dari beliau,” ungkap Thoric dalam unggahannya.

Sayang, lelaki kelahiran tahun 1933 ini tidak bisa merasakan hidup enak. Kini, nasibnya sebagai pejuang kemerdekaan juga harus terus berjuang memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan kini, kakek ini udah gak isa berdiri tegak selama berjualan di pinggir jalan.

Pak Min, pahlawan terlupakan yang kini berjualan di pinggir jalan (kumparan.com)

Pak Min biasanya menggelar lapaknya di depan Boulevard Universitas Sebelas Maret (UNS). Dia pun terpaksa menahan dinginnya malam di kawasan sekitar Perempatan Panggung, Solo, Jawa Tengah.

"Sosok pahlawan yang dulu berjuang melawan penjajah, sekarang beliau berjuang di tengah terik matahari dan dinginnya malam, berharap ada orang-orang baik menghampiri dan melarisi dagangannya," kata Ahmad Thoric.

Beberapa netizen mengaku sempa bertemu Pak Min. Kakek kelahiran Solo ini merupakan sosok yang ramah dan gemar bercerita tentang masa penjajahan. Bahkan beberapa kali dia menangis ketika menceritakan masa-masa itu.

Dia pernah jadi pahlawan yang mengusir penjajah dari Indonesia (wartainfo.com)

Dia kerap bercerita tentang masa-masa ketika berperang dulu (kumparan.com)

"Alhamdulillah, beliau ramah sekali mas, pas cerita zaman penjajahan dulu beliau sampai nangis," kata seorang netizen.

Kini, unggahan dari Ahmad Thoric itu viral di media sosial. Video yang memperlihatkan Pak Min berdagang di pinggir jalan itu telah ditonton lebih dari 90 ribu kali. Netizen pun memberikan berbagai tanggapan, kebanyakan merasa iba dengan kakek itu.