Fakta Terbaru tentang Anjing dan Kucing

Kucing dan anjing memang dikenal sebagai mamalia yang gemar berseteru, tapi apa memang selalu begitu?

Hubungan anjing dan kucing telah digambarkan banyak orang secara antagonistik. Seolah-olah selalu bermusuhan dan menginsiprasi orang-orang kreatif untuk membuat komik atau kartun.

Kedua hewan rumahan ini memang sering bertikai. Namun, apakah memang demikian adanya? Apakah kedua mamalia ini akan selalu berseteru setiap bertemu?

thehappycatsite.com

Kelihatannya memang ya. Tapi sebuah studi dalam Journal of Veterinary Behaviour mencoba mempelajari hubungan kedua hewan ini. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Lincoln ini menyebutkan, ketika dua hewan peliharaan tersebut hidup bersama, kesejahteraan hewan membutuhkan koeksistensi yang damai sangat dibutuhkan.

Salah satu penulis studi, Sophie Hall, mencoba mengetahui apa yang membuat anjing dan kucing dapat hidup berdampingan. Asumsinya berawal dari anggapan bahwa mereka berdua tampak selalu seperti musuh bebuyutan. Padahal ternyata tak selalu demikian.

wonderopolis.org

Ternyata, sekitar 80 persen hewan peliharaan justru dapat hidup berdampingan. Temuan ini didapat dari survei online terhadap 748 pemilik rumah di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, serta Eropa. Sedangkan sekitar tiga persen lainnya mengatakan bahwa anjing dan kucing memang tak akur.

Temuan yang mengejutkan adalah ternyata kucing lebih antagonis daripada anjing. Mereka lebih sering menantang anjing ketimbang sebaliknya. Kucing juga 10 kali lebih sering melukai lawannya dalam sebuah perkelahian.

Eksperimen menggunakan mainan pun dilakukan para partisipan. Hasilnya, lebih dari seperlima anjing saja yang mengambil mainan untuk menunjukkan ke temannya, si kucing. Berbeda dengan kucing, sebab hanya 6 persen saja yang melakukannya.

youtube.com

Menurut Hall, hal ini terjadi karena domestikasi. Anjing jauh lebih lama didomestikasi ketimbang kucing. Mereka lebih mudah untuk mengontrol perilakunya karena dilatih oleh manusia. Sebaliknya, kucing lebih sering berada dalam posisi yang tak menguntungkan.

Meski begitu, hal ini bukan berarti kita tak boleh memiliki anjing dan kucing dalam satu rumah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa faktor terpenting adalah usia kucing ketika pertama kali tinggal dengan anjing. Kucing di bawah usia setahun lebih mungkin untuk hidup rukun dan damai dengan anjing.