Gimana Caranya Tahu Kalau Kita Kena Kanker Kulit? Gini Ciri-Cirinya Gengs

Gini gejala kanker kulit yang bisa kamu deteksi sejak dini gengs.

Banyak kanker kulit dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal. Kanker kulit juga relatif bisa dideteksi sejak dini lebih mudah daripada jenis kanker yang lain.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel di luar kendali yang ditemukan di lapisan kulit paling atas, epidermis. Karena DNA yang rusak yang memicu mutasi, sel-sel berganda dengan cepat dan membentuk kanker kulit ganas.

Epidermis adalah lapisan utama kulit yang paling dangkal (dermis dan hypodermis yang terletak di bawah). Ini mencakup seluruh permukaan luar tubuh. Ini terdiri dari 30 - 50 lapisan sel dengan ketebalan bervariasi tergantung pada daerah tubuh.

Lapisan epidermis yang paling dalam disebut stratum basale. Mayoritas sel dalam lapisan ini adalah sel berbentuk kolumnar yang disebut sel basal. Sel-sel ini terus membelah dan bergerak ke atas menghasilkan sel-sel di atas, yaitu keratinosit.

Jenis kanker kulit

Karsinoma sel basal

Kanker kulit yang timbul dari pertumbuhan di luar kendali sel-sel basal ini disebut karsinoma sel basal. Ini adalah bentuk kanker kulit yang paling umum. Ini sering ditemukan pada permukaan tubuh yang terpapar sinar matahari seperti kepala dan leher.

Melanoma

Selain sel-sel basal aktif ini, sel-sel penghasil pigmen yang disebut melanosit juga ditemukan dalam lapisan basal. Pigmen yang diproduksi oleh sel-sel ini bertanggung jawab atas warna kulit.

Di luar kendali pertumbuhan sel-sel yang memproduksi pigmen ini menghasilkan pengembangan salah satu bentuk kanker kulit yang paling mematikan, melanoma ganas. Jenis kanker kulit ini jauh lebih berbahaya karena kemampuannya untuk menyebar ke bagian lain dari tubuh jika tidak dirawat pada tahap awal. Untungnya, itu lebih jarang daripada jenis kanker kulit lainnya.

Kulit sehat (weal.com.au)

Karsinoma sel Merkel

Jenis sel lain yang kurang umum ditemukan dalam lapisan basal kulit adalah yang disebut sel merkel. Sel-sel ini bertindak sebagai reseptor sentuhan yang mengirimkan informasi tentang sentuhan ringan dan sensasi tekanan ke otak. Sel-sel ini ditemukan terkait dengan sel saraf dan paling padat di ujung jari dan bibir di mana sensasi sentuhan paling akut.

Ketika sel-sel merkel ini tumbuh di luar kendali, mereka berkembang menjadi kanker kulit yang disebut karsinoma sel merkel. Seperti melanoma, prognosis untuk jenis tumor ini juga bisa buruk jika tidak ditemukan dan diobati pada tahap paling awal.

Karsinoma sel skuamosa

Saat sel basal membelah dan bergerak ke atas, mereka membentuk sel-sel kulit tipis yang lebih rata yang membentuk lapisan terluar epidermis. Sel-sel ini pada akhirnya akan luruh dan digantikan oleh sel-sel yang lebih baru. Sel-sel datar ini disebut sel skuamosa.

Perubahan abnormal pada DNA sel-sel ini, yang menyebabkan mereka membelah tanpa terkendali, mengarah pada pengembangan karsinoma sel skuamosa, jenis kanker kulit yang paling umum kedua. Ketika kanker ini ditemukan lebih awal, sangat bisa diobati.

Untungnya, kanker kulit adalah salah satu kanker yang paling mudah didiagnosis. Selanjutnya, jika ditemukan lebih awal, relatif mudah diobati. Karena mereka hampir selalu terlihat pada kulit, jika orang tersebut mencari perubahan, mereka cenderung menemukan kanker kulit lebih awal.

Kanker kulit (parikiaki.com)

Kanker kulit dapat terjadi di mana saja di tubuh, jadi berhati-hatilah. Periksa kuku, di antara jari-jari kaki, dan di dalam mulut. Gunakan cermin tangan untuk memeriksa area yang sulit dilihat, termasuk punggung dan tempat pribadi. Saat keramas, rasakan di sekitar kulit kepala dan lihat melalui rambut.

Cari diagnosis pasti sejak dini

Ada pertumbuhan baru atau luka yang tidak sembuh (jangan menunggu lebih dari 2 atau 3 minggu untuk melihat apakah luka itu hilang dengan sendirinya).

Ada noda di kulit yang terlihat berbeda dari yang lainnya

Ada perubahan pada tahi lalat atau tanda lahir yang ada

Jika menemukan area kulit yang bersisik, berdarah, berubah merah, atau berubah dengan cara apa pun (ukuran, bentuk, atau warna)

Setelah melakukan pemeriksaan kulit secara teratur dan menemukan lesi yang mencurigakan. Sekarang saatnya menemui dokter kulit, spesialis perawatan kulit yang dapat menentukan diagnosis pasti. Ini mungkin memerlukan prosedur bedah rawat jalan minor yang dikenal sebagai biopsi. Kadang-kadang, operasi yang lebih signifikan akan diperlukan.

Spesimen biopsi akan dikirim ke laboratorium patologi yang dapat menentukan apakah lesi itu adalah kanker kulit dan, apakah itu, jenis apa. Ditemukan sejak dini, kanker kulit, bahkan melanoma, sangat bisa diobati.

Diagnosis kanker kulit (dermcare.ca)