5 Makanan yang Mempengaruhi Psoriasis, Penyakit Autoimun Kronis

Psoriasis adalah salah satu penyakit autoimun yang bisa lebih buruk karena salah pemilihan makanan.

Psoriasis adalah penyakit kulit autoimun kronis yang menyebabkan ruam merah bersisik, paling sering terjadi pada siku, lutut, tangan, punggung bawah, dan kulit kepala.

"Karena psoriasis adalah penyakit kronis dan inflamasi, banyak pasien mencari terapi alternatif dan modifikasi gaya hidup untuk melengkapi perawatan mereka dan membantu meringankan gejala," kata Paul Yamauchi, MD, dari Dermatology Institute dan Skin Care Center di Santa Monica, California.

Ini termasuk perubahan pola makan, dan sementara penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar diet memiliki dampak beragam pada psoriasis.

Banyak orang dengan psoriasis bertanya-tanya apakah susu menyebabkan peradangan, atau jika menghilangkan gluten dari makanan mereka akan membantu mereka mengelola gejala psoriasis.

Gluten merupakan jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti gandum dan gandum hitam. Sementara gluten ditemukan dalam roti dan pasta, gluten juga ada dalam daging dan saus olahan dan produk lainnya. Menurut Mayo Clinic, beberapa orang yang memiliki psoriasis kondisi kulit kronis mungkin juga sensitif terhadap gluten.

Berikut ini adalah makanan yang mempengaruhi psoriasis gengs

1. Makanan bebas gluten

Hubungan antara psoriasis dan intoleransi gluten tidak sepenuhnya dipahami. Sebuah tinjauan penelitian, yang diterbitkan pada tahun 2018 di JAMA Dermatology, sangat merekomendasikan diet bebas gluten untuk orang-orang dengan penyakit psoriasis dan celiac, tetapi tidak untuk orang-orang tanpa diagnosis celiac atau sensitivitas gluten.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki penyakit celiac mungkin berisiko lebih tinggi untuk psoriasis, penyakit lain yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh.

Psoriasis (mydr.com.au)

2. Hindari susu tiggi lemak

Psoriasis adalah penyakit peradangan, jadi masuk akal bahwa diet anti-inflamasi dapat membantu mengurangi gejala. Apakah susu tinggi lemak menyebabkan peradangan? Susu dikaitkan dengan peradangan.

Pada diet untuk psoriasis, cobalah konsumsi susu murni dan keju penuh lemak, versi yang lebih rendah lemak. Bahkan jika itu tidak memperbaiki psoriasis, produk susu rendah lemak lebih baik untuk jantung.

Termasuk juga makanan berlemak lainnya seperti daging merah. Makanan ini bisa memperburuk atau menyebabkan peradangan.

3. Makan Ikan dan Omega-3 untuk mengurangi peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 (asam lemak esensial yang ditemukan pada beberapa ikan) membantu mengurangi peradangan. Selain itu, American Heart Association merekomendasikan agar orang makan ikan berlemak, seperti tuna albacore, mackerel, salmon, herring, dan trout danau, setidaknya dua kali seminggu untuk melindungi dari penyakit jantung.

Karena orang-orang dengan psoriasis memiliki lebih banyak risiko penyakit jantung, masuk akal bagi mereka untuk memasukkan omega-3 anti-inflamasi dalam makanan mereka, kata Yamauchi.

Termasuk penyakit autoimun (nytimes.com)

4. Tambahkan makanan kaya antioksidan

Sumber antioksidan yang baik adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

"Sekali lagi, manfaat makan tidak selalu untuk membuat psoriasis lebih baik," kata Yamauchi, "tetapi mereka penting untuk melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker, yang orang dengan psoriasis berisiko lebih tinggi."

5. Vitamin A dan D untuk kulit

Buah-buahan dan sayuran yang menyediakan vitamin A membantu mempromosikan kulit sehat pada diet psoriasis. Sumber vitamin A yang baik adalah blewah, wortel, mangga, tomat, dan semangka.

Vitamin D, dikenal sebagai vitamin sinar matahari karena tubuh memproduksinya melalui paparan sinar matahari, juga dapat membantu untuk mengobati psoriasis.

"Dulu di tahun 1930-an, vitamin D terbukti membantu psoriasis jika dikonsumsi melalui mulut," kata Yamauchi.

"Namun, orang-orang membutuhkan tingkat tinggi sehingga menyebabkan efek samping."

Diet sehat (foodtank.com)