Lebih Kuat Mana Ya Antara Kopassus Indonesia dan Paskal Malaysia?

Melihat kekuatan Kopassus dan Paskal Malaysia, begini kekuatan mereka.

Militer Indonesia menempati posisi ke-16 dari 137 dengan indeks 0,2804 (0,0000 adalah indeks sempurna) menurut Global Fire Power. Global Fire Power melansir, kemiliteran Indonesia terbagi menjadi angkatan udara (TNI AU), angkatan darat (TNI AD), dan angkatan laut (TNI AL).

Indonesia juga punya badan kemiliteran khusus yang disebut Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Bertugas untuk menangani pekerjaan dengan resiko yang tinggi dan ekstrim. Lebih berat dari pasukan TNI lainnya gengs.

Perbandingan kekuatan anggota kopassus dengan tentara biasa adala 1:5 gengs. Mereka lebih jago dalam bela diri dan bertarung dengan tangan kosong.

Nama Kopassus juga dikenal oleh dunia internasional berkat kesuksesannya membebaskan 57 sandera pembajakan pesawat Garuda 206 oleh kelompok ekstremis Islam, Komando Jihad, pada 1981.

Kopassus meneripa pendidikan dan latihan yang sangat keras gengs. Pasti beda dengan pasukan lainnya. Jadinya mereka beneran kuat fisik, kuat mental dan juga cerdas. Gak cuma kuat fisik aja loh. Karena harus menguasai taktik untuk memenangkan pertsmpuran dan menyelesaikan sebuah misi.

Kopassus Indonesia jadi salah satu pasukan khusus yang ditakuti di dunia loh. Menduduki peringkat ketiga di bawa SAS Inggris dan Mossad Israel, berdasarkan Medium.

Terus dalam pertemuan Pasukan Elite di Wina, Austria, Kopassus menempati posisi kedua dalam operasi strategi militer, yang dinilai dari sisi intelegensi, pergerakan, infiltrasi, dan aksi. Peringkat tersebut menyusul pasukan elite AS, Delta Forces.

TNI Indonesia (tni-au.mil.id)

Bagaimana dengan pasukan Paskal Malaysia?

Pasukan Khas Laut (Pasukan Perang Khusus Angkatan Laut), disingkat PASKAL, adalah pasukan operasi khusus utama Angkatan Laut Kerajaan Malaysia.

Tugas PASKAL untuk operasi militer maritim unit kecil yang berhubungan dengan sungai, laut, rawa, delta, atau garis pantai. Pokoknya yang berhubungan dengan perairan gengs. PASKAL juga melakukan perang gak konvensional, perang gerilya, perang kontra-gerilya, perang hutan, kontra-terorisme, perlindungan dekat, sandera penyelamatan dan pertahanan internal asing.

Kopassus Indonesia (pinterpolitik.com)

Latihannya juga sama kayak Kopassus gengs, pastinya berat banget juga. PASKAL adalah unit operasi khusus multi-fungsi untuk menjalankan operasi berisiko tinggi termasuk aksi langsung, operasi pengintaian khusus, dan misi khusus lainnya.

PASKAL biasanya berlatih dengan SOF sekutu termasuk SASR Australia, Kopassus Indonesia dan Denjaka, Unit Menyelam Angkatan Laut Singapura, SEAL Angkatan Laut Thailand, Baret Hijau AS dan Baret USN.

Bagaimana kekuatan Kopassus dan PASKAL, setiap orang bisa berbeda pendapat. Keduanya kuat dan memiliki kelebihan msaing-masing. Kalau Kopassus juga udah terkenal kuat dan diakui kekuatannya oleh dunia.

Paskal Malaysia (reddit.com)