Sudah Lolos Olimpiade, Tunggal Putra Indonesia Fokus Piala Thomas 2020

Tunggal putra bulu tangkis Jonatan Christie dan Anthony Ginting fokus berlaga untuk Piala Thomas 2020.

Kapan terakhir kali Indonesia membawa pulang Piala Thomas? Jika ingatan kalian masih kuat, Indonesia terakhir kali memenangkan turnamen ini pada tahun 2002 alias 18 tahun lalu.

Dengan situasi seperti ini wajar jika dua tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting mengaku sangat fokus untuk pergelaran Piala Thomas 2020. Turnamen beregu putra ini menjadi priorotas mereka disamping lanjutan BWF World Tour tahun ini.

Piala Thomas 2020 sendiri rencananya akan dihelat di Aarhus, Denmark, pada tanggal 3-11 Oktober. Belum ada informasi apakah pandemi covid-19 saat ini akan mempengaruhi jadwal turnamen seperti yang terjadi pada acara serupa.

"Kami akan fokus ke Piala Thomas terlebih dahulu, karena itu benar-benar turnamen penting bagi kami dan juga tim Indonesia," kata Jonatan Christie dalam wawancara yang dilansir Olympic pada Minggu 28 Juni 2020.

Baik Jonatan dan Ginting, atau pebulu tangkis Indonesia lainnya, akan menghadapi jadwal yang sangat padat sejak tanggal 1 September jika mereka tetap berpartisipasi pada perhelatan BWF World Tour. Mereka akan berlaga setiap pekan, dimulai dengan turnamen Chinese Taipe Terbuka Super 300.

Jonatan Christie dan Antony Ginting fokus Piala Thomas (badmintonindonesia.org)

Namun dua pemain tunggal putra ini mengaku siap. Mereka sudah terbiasa bermain di berbagai kompetisi dengan jadwal padat. Sedikit keberuntungan ketika Olimpiade Tokyo 2020 harus ditunda karena pandemi.

Meski begitu, baik Jonatan Christie maupun Anthony Sinisuka Ginting sama-sama sudah siap untuk Olimpiade. Mereka bahkan sudah duluan lolos dari babak kualifikasi. Itu lah kenapa mereka bisa fokus ke Piala Thomas 2020.

Jonatan Christie dan Antony Ginting fokus Piala Thomas (indosport.com)